Virus Corona Sudah Merebak di AS Sejak Desember 2019

Studi terbaru menunjukkan virus corona mungkin sudah merebak di Amerika Serikat (AS) sejak Desember 2019
Seorang perempuan AS menerima vaksinasi Covid-19 di Philadelphia, Pennsylvania, AS (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters).

Jakarta – Penelitian terbaru pemerintah menunjukkan bahwa virus corona penyebab Covid-19 sudah merebak di Amerika Serikat (AS) sejak Desember 2019, atau lebih awal beberapa minggu sebelum pejabat kesehatan AS pertama kali mengidentifikasi perebakannya secara resmi.

Penelitian yang dilakukan tim berisi para peneliti Institut Kesehatan Nasional AS itu menganalisis 24 ribu sampel darah. Temuan mereka menunjukkan bahwa beberapa orang Amerika terinfeksi Covid-19 sejak pertengahan Desember 2019, beberapa minggu sebelum seluruh dunia mendengar untuk pertama kalinya berita tentang perebakan virus mematikan baru yang bermula dari kota Wuhan di China itu.

Corona AmerikaIlustrasi: Seorang pria tertidur di tepi jalan di tengah penyebaran virus corona Covid-19, di San Fransisco, California, Amerika Serikat, Jumat, 27 Maret 2020. (Foto: Antara/Reuters/Shannon Stapleton)

Meskipun analisis itu tidak berujung pada suatu kesimpulan tertentu –sementara beberapa pakar juga masih belum teryakinkan– semakin banyak pejabat kesehatan federal AS yang dapat menerima jika skenario di mana sejumlah kecil orang di AS terinfeksi virus corona sebelum dunia menyadari penyebarannya benar-benar terjadi.

Penelitian yang diterbitkan pada Selasa, 15 Juni 2021, oleh jurnal Clinical Infectious Diseases itu adalah studi terbaru dan terbesar yang menunjukkan bahwa virus corona pertama kali muncul di AS lebih awal dari yang diketahui sebelumnya.

Studi itu menemukan setidaknya tujuh orang di negara bagian Massachusetts, Mississippi, Pennsylvania dan Wisconsin terinfeksi lebih awal daripada kasus Covid-19 yang pernah dilaporkan di masing-masing negara bagian tersebut (rd/lt)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Capai Titik Balik Lawan Pandemi Virus Corona
Wapres AS, Kamala Harris, katakan Amerika capai titik balik lawan pandemi virus corona diikuti manfaat rencana bantuan senilai 1,9 triliun dolar AS
Amerika Serikat Berada di Episentrum Pandemi Corona Global
Direktur Pan American Health Organization (PAHO) memberi peringatan bahwa kawasan Amerika Serikat (AS) tetap menjadi "episentrum pandemi"
Biden Kerahkan Intelijen AS Usut Asal Muasal Virus Corona
Presiden Biden kerahkan badan-badan intelijen AS untuk mengusut asal-usul virus corona, tapi mengapa baru sekarang?
0
Virus Corona Sudah Merebak di AS Sejak Desember 2019
Studi terbaru menunjukkan virus corona mungkin sudah merebak di Amerika Serikat (AS) sejak Desember 2019