video: Sejarah Sulawesi Barat Provinsi Seribu Sungai
Editor

Tagarians, wilayah Sulawesi Barat dulunya terdiri dari 14 kerajaan yang dibuktikan dengan adanya artefak dalam maupun luar di bekas afdeling Mandar. Pada sekitar abad ke-18, kerajaan-kerajaan itu menggelar pertemuan resmi antara semua kerajaan yang ada di Pitu Ulunna Salu dan Pitu Babana Binanga di daerah Kabupaten Polewali Mandar. Itu menjadi pertemuan terakhir antar kerajaan di Mandar sampai masuknya Belanda pada tahun 1904.

Dalam pertemuan itu, muncul kesepakatan untuk mempertegas konsekuensi persatuan Pitu Ulunna Salu dan Pitu Babana Binanga dalam satu kesatuan budaya dan suku, dengan sebutan Mandar atau Passemandarang. Agama Islam di Mandar pertama kali masuk saat pemerintahan Daetta Tommuane Maradia ke-4 Balanipa, yang dibawa oleh Abdurrahim Kamaluddin.

Belanda kemudian mulai menguasai Kerajaan Balanipa sejak tahun 1906, seperti disebut dalam buku “Sejarah dan Budaya Sulawesi Barat”. Sejak saat itu juga Balanipa menjadi bagian dari administrasi pemerintahan afdeling Mandar. Belanda membagi wilayah Sulawesi bagian barat menjadi empat wilayah administratif, yaitu Majene, Mamuju, Polewali dan Mamasa. Simak selengkapnya di Tagar TV.