Video: Sejarah Hari Kejaksaan Diperingati Setiap 22 Juli
Editor

Tagarians, Kejaksaan Republik Indonesia merayakan Hari Jadinya setiap tanggal 22 Juli, yang dipilih sesuai dengan berdirinya Kejaksaan menjadi Lembaga Mandiri pada 22 Juli 1960, dengan SK Presiden Nomor 204 Tahun 1960. 

Dilansir dari laman Kominfo, Hari Kejaksaan juga dikenal sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, yang berarti pengabdian para anggota Kejaksaan RI.

Sejarah penetapan hari tersebut berawal dari zaman Kerajaan Majapahit. Kala itu, Pemerintahan Majapahit sudah memiliki sistem pengadilan dengan Dhyaksa, yang bertugas menangani berbagai masalah peradilan. Sebutan “Jaksa” sendiri berasal dari bahasa sansekerta, “Dhyaksa”.

Pada zaman penjajahan Jepang, kejaksaan berperan sebagai satu-satunya lembaga penuntutan. Setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, Kejaksaan Republik Indonesia resmi dibentuk, yang tertuang dalam pasal 2 Aturan Peralihan Undang-Undang Dasar 1945, yang diperjelas dengan PP Nomor 2 Tahun 1945. Saat itu, kejaksaan dibentuk dalam ruang lingkup Departemen Kehakiman. Simak selengkapnya di Tagar TV.