Video: Sejarah Hari Anak Nasional Diperingati Setiap 23 Juli
Editor

Tagarians, Hari Anak Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984.Awalnya, peringatan Hari Anak Nasional juga menjadi gagasan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani), yang mengupayakan penetapan Hari Kanak-Kanak Nasional.

Ketika Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak disahkan pada 23 Juli 1979, maka muncul usulan agar tanggal tersebut dipakai sebagai Hari Anak Nasional. 

Akhirnya pada 1984 keluar Keppres yang mengesahkan tanggal itu dipakai sebagai Hari Anak Nasional. Kala itu, Presiden Soeharto menilai anak-anak adalah aset kemajuan bangsa, sehingga perlu diberi hari peringatan.

Peringatan Hari Anak Nasional ini memiliki makna untuk tanda kepedulian seluruh bangsa terhadap optimalnya tumbuh kembang anak. Pemerintah juga membuat program untuk mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam melindungi anak, sehingga dapat melahirkan generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berakhlak. Simak selengkapnya di Tagar TV.