Video: Sang Ratu Ngebor Inul Daratista yang Dermawan Sama ART
Editor

Tagarians, Inul Daratista alias Ratu Goyang Ngebor ternyata sangat murah hati kepada karyawannya, termasuk asisten rumah tangga (ART). Ada seorang ART yang bekerja pada Inul, pernah membongkar nominal gaji yang didapatkannya, yang disebut lebih tinggi dari UMR Jakarta saat itu. Setelah bekerja dengan Inul, ia pun bisa menabung dan sekarang sudah memiliki sawah, dua motor, dan tiga sapi. Sebagai gambaran, besaran UMR Jakarta per Mei 2021 adalah Rp 4.416.186 perbulan.

Selain karier yang langgeng di dunia hiburan, Inul juga dikenal sebagai salah satu pedangdut yang sukses berbisnis. Bahkan, wanita kelahiran 21 Januari 1979 ini dijuluki sebagai salah satu pedangdut terkaya di Indonesia. Tapi semuanya itu ia peroleh dengan penuh perjuangan.

Sebelum terkenal, Inul yang bernama asli Ainur Rokhimah, mengawali kariernya sejak tahun 2000, sebagai penyanyi dangdut dari panggung ke panggung acara rakyat di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Saat itu, Inul tidak tahu bahwa aksi panggungnya diabadikan oleh penonton dalam bentuk video, dan diedarkan dengan VCD yang membuat namanya dikenal luas oleh masyarakat.

Pada tahun 2003, Inul pun berhasil masuk dapur rekaman, dan merilis album berjudul “Goyang Inul”. Kemudian tawaran tampil di stasiun televisi pun mulai berdatangan, sehingga akhirnya ia dikenal sebagai Inul Daratista, dengan julukan Ratu Goyang Ngebor. Di sisi lain, goyangan Inul yang dianggap memicu tindakan asusila dan porno-aksi, turut mengundang komentar negatif dari sejumlah kalangan, salah satunya Raja Dangdut H. Rhoma Irama.

Sepanjang perjalanan karier bermusiknya, Inul sudah merilis delapan album studio, yang mengantarkannya meraih sejumlah penghargaan, salah satunya sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop di SCTV Music Awards 2014. Inul Daratista juga pernah dipercaya menjadi juri di sejumlah ajang pencarian bakat penyanyi dangdut, seperti D'Academy dan Liga Dangdut Indonesia. Simak selengkapnya di Tagar TV.