Video: Profil Windy Cantika Aisah Penyumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020
Editor

Tagarians, Indonesia berhasil meraih medali pertama di Olimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu, 24 Juli 2021, yang dipersembahkan oleh Windy Cantika Aisah dari cabang angkat besi di nomor 49 kg. Ia meraih medali perunggu dengan total angkatan 194 kg dari dua kategori yang dipertandingkan, Snatch serta Clean and Jerk.

Windy Cantika adalah seorang atlet asal Bandung, yang lahir pada 11 Juni 2002, anak bungsu dari tiga bersaudara. Ia serius menggeluti olahraga angkat besi sejak masih kelas 5 SD. Ketertarikannya pada cabang olahraga angkat besi, turun dari ibunya, Siti Aisah, yang merupakan seorang atlet angkat besi kenamaan di Indonesia. Siti Aisah pernah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Besi, pada tahun 1988.

Windy sering mengikuti kejuaraan tingkat daerah, nasional, hingga internasional. Poin kualifikasi dirinya terhitung sejak ia berhasil mencetak poin Championships di China pada April 2019. Dengan mencatatkan angkatan total 177 kg dari snatch 80 kg dan clean and jerk 97 kg. Puncaknya, Windy Cantika mencetak prestasi di SEA Games 2019, meraih medali emas untuk Indonesia, dan menembus hasil terbaik dunia junior 2021 dengan medali emas. Simak selengkapnya di Tagar TV.