UNTUK INDONESIA

Jakarta - Beberapa waktu terakhir, kita sempat dikejutkan dengan kabar politikus muda, Giring Ganesha yang akan maju menjadi calon presiden RI. Hal itu sontak memunculkan berbagai komentar, ada yang mengapresiasi, tapi ada juga yang mencibir.
Tapi bagaimana kira-kira pendapat para ahli tentang Giring yang akan maju jadi calon presiden?

Dalam wawancara zoom hari Jumat, 28 Agustus 2020, Cory Olivia dari Tagar TV menanyakan hal itu kepada Peneliti Bidang Perkembangan Politik Nasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI, Aisah Putri Budiarti, yang akrab dipanggil Puput. Dia pun menjawab bahwa itu adalah hak Giring sebagai Warga Negara Indonesia, dan hak itu dilindungi oleh Undang-Undang.

Puput menilai, langkah Giring ini adalah ekspresi anak muda yang ingin berpartisipasi lebih dalam politik di Indonesia. Ketika ditanya mengenai bagaimana harapannya terhadap politisi muda di Indonesia, Puput mengaku optimis mereka akan menjadi pembawa pesan anak muda yang secara jumlah juga cukup besar di Indonesia. Puput juga berharap supaya anak-anak muda yang terjun ke politik, tidak hanya mengandalkan popularitas atau finansial, tapi juga memiliki kapasitas dan pengalaman politik.