UNTUK INDONESIA

Jakarta - Kasus Jiwasraya kembali bergulir, dan salah satu terdakwa yaitu Direktur Utama PT Hanson Internasional Tbk Benny Tjokro menyatakan dalam persidangan maupun ke media bahwa ada Grup Bakrie terlibat dalam kasus Megaskandal Jiwasraya.

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo memaparkan dalam interview bersama Yossy Girsang dari Tagar bahwa Penegak Hukum harus berani menuntaskan kasus skandal Jiwasraya ini hingga tuntas, jangan hanya berhenti pada terdakwa yang berasal dari orang biasa dan tidak memiliki kekuatan politik, namun jadi memble ketika berhadapan dengan pihak-pihak yang memiliki jejaring bisnis dan politik yang kuat seperti contohnya ada group Bakrie yang disebut oleh salah satu terdakwa.

Dalam kasus ini, Pemerintah harus berani memberikan dukungan politik kepada Penegak Hukum sehingga berani untuk menyelesaikan permasalahan hingga ke akarnya. Para Saksi maupun tersangka dalam kasus Jiwasraya harus dilindungi agar berani menyampaikan fakta-fakta yang sebenarnya terjadi sehingga ke depannya mereka tidak diserang misalnya dengan pasal pencemaran nama baik.

ICW juga menyatakan bahwa tidak hanya Jiwasraya, namun juga seluruh BUMN harus berbenah. Banyak BUMN yang merugi padahal sudah jelas-jelas bisnisnya monopoli, dan ini terlihat aneh.