UNTUK INDONESIA
Via Vallen Dilaporkan ke Agensi IU
Para penggemar aktris dan penyanyi Korea Selatan, IU, rame-rame melaporkan video musik dari single terbaru Via Vallen ke Edam Entertainment.
Via Vallen Ft. Dyrga Dadali - Kasih Dengarkanlah Aku Official Music Video yang sudah tidak bisa ditemukan di YouTube. (Tagar/YouTube)

Jakarta - Para penggemar aktris dan penyanyi Korea Selatan, IU, rame-rame melaporkan video musik dari single terbaru Via Vallen ke Edam Entertainment, agensi artis bernama asli Lee Ji Eun itu. 

Mereka memprotes plagiasi seratus persen dari konsep video musik Kasih Dengarkanlah Aku yang baru saja dirilis Via Vallen pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Laporan itu terlihat dari kolom komentar unggahan Via Vallen saat mempromosikan video musik single terbarunya bersama Dyrga Dadali di akun Instagramnya. 

"@edam.official video musik ini sama persis dengan video Above The Time - IU, tolong cek," tulis akun @dwbblue dalam Bahasa Inggris.

Akun ini kemudian berusaha mengingatkan Via untuk segera mengklarifikasi. 

"Permisi, ini adalah plagiatisme .. mvnya memiliki kemiripan yang sama persis dengan IU mv di atas waktu itu, mohon hormati tim IU dan produsernya, atau anda bisa mengklarifikasi sebelum Edam menuntut anda .. ini sangat tidak tahu malu .. silakan cek @edam.official. Terima kasih."

Tidak hanya itu kalimat-kalimat senada yang melaporkan Via Vallen terus bermunculan di kolom komentar dan menjadi top komentar. 

"Jakaena plis [email protected] sih sama banget dengan yang punya IU," tulis @suryywulan. 

"Edam, harap pahami bahwa klip video ini menjiplak IU-Above The Time MV @ edam.official @dlwlrma @ fyi.korea @coppamagz," tulis akun @pv.iv.

Sebelumnya diberitakan Pedangdut Via Valen akhirnya mengakui bahwa video klip lagu miliknya yang berjudul Kasih Dengarkanlah Aku memiliki sejumlah kemiripan dengan video musik tembang Above The Time milik bintang K-Pop IU. 

Selain memberikan klarifikasi, ia juga meminta maaf kepada warganet yang menudingnya melakukan plagiat.

Namun begitu, Via Vallen menuturkan jika adanya sejumlah kemiripan sama sekali tidak ada unsur kesengajaan. Sang biduan mengaku bukan penggemar K-Pop sehingga tidak banyak tahu tentang video klip lagu Above The Time milik IU.

Melalui unggahan di Instagram-nya, Via Vallen menjelaskan bahwa ia bakal meminta penggantian konsep video klip kepada sutradara jika saja ia mengetahui sejak awal bahwa ada banyak kemiripan dalam video musik miliknya.

"Aku minta maaf soal music video terbaru aku yang ternyata memang muiripp banget sama music video IU, jujur, aku MALU banget pas tahu. Aku bakal minta videonya buat di-take down," tulis Via Vallen melalui Instastory pada Sabtu, 24 Oktober 2020. []

Baca juga: 

Berita terkait
Berkas Perkara Konser Dangdut Wakil Ketua DPRD Tegal Lengkap
Berkas perkara konser dangdut Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo dinyatakan lengkap. Penyidik segera melakukan pelimpahan tahap II.
Ajaib! Hujan Uang Muncul di Rumah Via Vallen
Hujan uang muncul di rumah pedangdut Via Vallen.
Soal Obat Corona Hadi Pranoto, Via Vallen Klarifikasi
Via Vallen beri klarifikasi atas pernyataannya yang sempat menyebut adiknya sembuh dari penyakit Covid-19 berkat obat temuan Profesor Hadi Pranoto.
0
Jokowi Sebut Birokrasi Rumit Kendala Pengusaha UMKM
Presiden Joko Widodo menyebut kompleksitas regulasi dan birokrasi yang rumit masih menjadi kendala bagi pengusaha UMKM.