UNTUK INDONESIA
Uruguay vs Ekuador, Susunan Pemain dan Prediksi
Uruguay diunggulkan, namun Ekuador juga lawan tak mudah sehingga mereka harus diwaspadai dalam duel pertama Grup C Copa America.
Duet lini depan Uruguay Edinson Cavani dan Luis Suarez akan menjadi momok bagi pertahanan Ekuador dalam duel di Grup C Copa America 2019, Senin 17 Juni 2019 pagi WIB. (Foto: national.ae)

Jakarta - Uruguay menjadi salah satu unggulan juara di Copa America. Namun mereka akan bertemu lawan berat, Ekuador, di laga pertama Grup C di Governador Magalhaes Pinto, Senin 17 Juni 2019 pukul 05.00 WIB. 

Performa Uruguay sempat menurun usai tersingkir di perempat final Piala Dunia 2018. Tren buruk berlanjut dengan menelan empat kekalahan di lima laga uji coba di tahun yang sama. 

Namun La Celeste berhasil bangkit di tahun 2019. Dari tiga uji coba sebelum berlaga di Copa America, tim asuhan Oscar Tabarez selalu meraih kemenangan. Pencapaian mengesankan ini menjadikan Uruguay makin percaya diri saat melangkah ke Brasil melakoni Copa America. 

Apalagi, striker Luis Suarez kembali pulih dari cedera lutut. Akibat cederanya yang harus menjalani operasi, penyerang Barcelona ini sempat absen di beberapa laga terakhir, termasuk final Copa del Rey. 

Kini, Suarez sudah fit dan sempat diturunkan di uji coba terakhir melawan Panama. Di laga itu, Uruguay menang 3-0 dan Suarez yang masuk di babak kedua menyumbang satu gol. 

Dalam duel menghadapi Ekuador, Tabarez akan memakai formasi 4-4-2. Dengan empat di belakang, Tabarez tetap mengandalkan duo bek tengah Diego Godin dan Jose Maria Gimenez yang disebut-sebut terbaik di Copa America. Sedangkan Martin Caceres dan Diego Laxalt diposisikan sebagai full-backs.

Di tengah, Uruguay memiliki stok berlimpah. Tak heran bila bintang muda Real Madrid Federico Valverde dan gelandang Arsenal Lucas Torreira harus duduk di bangku cadangan. 

Tabarez mengandalkan duo gelandang Serie A Italia Rodrigo Bentancur (Juventus) dan Matias Vecino (Inter Milan). Mereka akan bermain di tengah. Sedangkan Nahitan Nandez dan Nicolas Lodeiro beroperasi di sayap kanan dan kiri. 

Lini depan yang mengandalkan Edinson Cavani dan Suarez menjadi duet maut di Brasil. Tabarez masih menyimpan Cristhian Stuani dan Maxi Gomez yang siap diturunkan sebagai pelapis. 

Ekuador kembali mengandalkan pemain sayap veteran Antonio Valencia. Mantan pemain Manchester United ini akan dimainkan sebagai sayap kanan. Ini merupakan posisi terbaik Valencia sebelum ditempatkan sebagai bek kanan selama beberapa musim terbaik di Man United. 

Dengan memakai formasi 4-3-3, pelatih Hernan Dario Gomez berharap Valencia bisa kembali maksimal. Pemain berusia 33 ini dan Renato Ibarra akan menopang Enner Valencia. 

Di tengah, Gomez mengandalkan gelandang FC Dallas Carlos Gruezo. Dia akan bertugas menyapu setiap serangan sekaligus melapis pertahanan. Gruezo akan bahu-membahu dengan Jefferson Orejuela dan Jefferson Intriago. 

Kuartet di lini belakang, bek tengah veteran Gabriel Achilier dan Robert Arboleda akan berduet di jantung pertahanan. Jose Quintero akan menempati bek kanan dan Beder Caicedo beredar di kiri. 

Dengan skuat yang lebih komplet dan sangat bagus dalam detail, Uruguay sedikit diunggulkan. Apalagi rekor pertemuan kedua tim memihak Uruguay. Dari 47 duel, mereka menang 30 kali dan Ekuador hanya menang enam kali. Pertemuan terakhir di November 2016, Uruguay menang 2-1. 

Ini yang menjadikan Uruguay diunggulkan meski tipis. Bursa menjadikan Ekuador di-voor tiga perempat (3/4). Uruguay diprediksi menang dengan margin dua gol. 

Namun Ekuador tak bisa diremehkan. Mereka tetap bisa menghadirkan kejutan di Copa America. Seperti yang dilakukan Kolombia saat menghajar Argentina 2-0. 

Prakiraan Susunan Pemain

Uruguay (4-4-2): Muslera; Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt; Nandez, Bentancur, Vecino, Lodeiro; Suarez, Cavani

Ekuador (4-3-3): Banguera-Quintero, Arboleda, Achilier, Caicedo; Orejuela, Gruezo, Intriago; Antonio Valencia, Enner Valencia, Renato Ibarra

Bursa
Uruguay vs Ekuador 0:3/4 (tips Uruguay) []

Baca juga

Berita terkait
0
Polisi Tangkap Tiga Pelaku Penyekapan di Makassar
Tiga pelaku penyekapan serta penganiayaan terhadap Muh Asri diamankan di salah satu rumah di Jalan Rappocini Raya, Kota Makassar.