UNTUK INDONESIA
Unsur Mitologi Pengaruhi Lukisan Karya Basoeki Abdullah
Sejumlah karya lukisan Basoeki Abdullah banyak terinspirasi dari mitologi Indonesia, terutama mitologi Jawa.
Ilustrasi - Pengunjung sedang melihat lukisan dalam pameran "Spirit Potret" di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta, Selasa (25/9). (Foto: Antara/Aubrey Fanani)

Jakarta - Sejumlah karya lukisan Basoeki Abdullah banyak terinspirasi dari mitologi Indonesia, terutama mitologi Jawa.

"Salah satunya adalah Nyi Roro Kidul, dia sangat erat dengan Nyi Roro Kidul. Salah satu lukisan Basoeki adalah Nyi Roro Kidul sedang membelah lautan," ujar Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salmah Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa 18 Juni 2019.

Selain itu lukisan lain yang terinspirasi oleh mitologi adalah lukisan Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari serta lukisan tokoh-tokoh pewayangan.

Menurut Maeva, mitos telah menjadi bagian dari diri Basoeki, termasuk ketika dia juga melukis tokoh pewayangan Rahwana sebagai cerminan dari dirinya.

Dia mengatakan Basoeki adalah pelukis yang dapat menangkap karakter dari tokoh yang dilukisnya. Begitu juga ketika dia melukis tokoh-tokoh dari mitologi Jawa. Dia bisa menghidupkan tokoh-tokoh tersebut melalui lukisannya.

Menurut Maeva, kelekatannya pada mitos menunjukkan bahwa Basoeki tetap mencintai ranah kelahirannya, walaupun dia sudah banyak melanglang buana ke berbagai negara.

Baca juga:

Berita terkait
0
Dua Mahasiswa Pembunuh di Kampus UMI Resmi Dipecat
Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar resmi memecat dua mahasiswanya yang terlibat dalam tewasnya salah satu mahasiswa kampus tersebut.