Uni Eropa Bagikan 60 Ribu Tiket KA Gratis untuk Anak Muda

Komisi Uni Eropa membagikan 60.000 tiket kereta api (KA) Eropa Interrail kepada kaum muda untuk perjalanan di Eropa
Ilustrasi: Perjalanan dengan kereta api (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Komisi Uni Eropa membagikan 60.000 tiket kereta api (KA) Eropa Interrail kepada kaum muda. Tiket gratis Interrail berlaku satu bulan dan memungkinkan perjalanan dengan kereta api di seluruh Eropa tanpa membayar lagi.

Selama pandemi virus corona (Covid-19), kaum muda telah "menunjukkan solidaritas sejati dan rela melewatkan momen-momen berharga dan formatif dari masa muda," kata Wakil Presiden Komisi Eropa, Margaritis Schinas, ketika mengumumkan pembagian tiket gratis Interrail.

Mulai Selasa, 12 Oktober 2021, warga Eropa berusia 18 sampai 20 tahun dapat mengajukan permohonan mendapat tiket gratis Interrail, yang dapat digunakan untuk perjalanan kereta api gratis ke seluruh Eropa.

Tujuan dari inisiatif ini, kata Margaritis Schinas, adalah untuk "menghidupkan kembali mobilitas di Eropa." Inisiatif ini ingin memberikan peluang perjalanan kepada kaum muda, yang tidak bisa melakukan perjalanan selama masa pandemi karena kebijakan lockdown yang diberlakukan di berbagai tempat.

Kereta malam baru dari BB AustriaKereta malam baru dari BB Austria mencari lebih banyak wisatawan untuk perjalanan lintas negara (Foto: dw.com/id)

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Tiket Gratis Itu?

Permohonan teket gratis itu dibuka sampai tanggal 26 Oktober 2021. Pelamar harus berusia 18 sampai 20 tahun dan memiliki kewarganegaraan negara anggota Uni Eropa. Selain itu, mereka harus mengikuti kuis dengan pertanyaan-pertanyaan tentang Uni Eropa.

Pemenang tiket gratis akan dapat melakukan perjalanan keliling di semua negara UE secara gratis hingga 30 hari, antara Maret 2022 sampai Februari 2023. Selain kereta api, tiket Interrail ini juga berlaku untuk perjalanan dengan bus dan feri.

Komisi Eropa juga memberi kesempatan kepada kaum muda dari Inggris untuk turut mengajukan permohonan, sekalipun Inggris sudah keluar dari Uni Eropa. Prakarsa ini tadinya akan dilaksanakan tahun 2020, namun kemudian ditunda karena pandemi.

2. Mengapa Uni Eropa Membagikan Tiket Gratis?

Prakarsa yang disebut "DiscoverEU" ini sebenarnya dimulai oleh Parlemen Eropa dan dilaksanakan antara tahun 2018 sampai 2020. Menurut rencana awal, yang berhak mendapat tiket gratis adalah mereka yang berusia 18 tahun saja. Tapi ketika ada pandemi, pembagian untuk tahun 2020 ditunda, dan batas usia kemudian diperluas mencakup usia hingga 20 tahun.

orient express1Suasana di dalam kereta Venice Simplon Orient Express (Foto: dw.com).

Pada putaran tahun 2018 dan 2019, ada sekitar 350 ribu warga Eropa yang mengajukan permohonan untuk mendapat satu dari 70.000 tiket perjalanan yang dibagikan. Sekitar 66% peserta mengatakan, mereka bepergian ke luar negeri dengan kereta api untuk pertama kalinya.

Dua pertiga dari mereka mengatakan, tanpa tiket gratis itu mereka tidak bisa melakukan perjalanan karena tidak dapat membiayai sendiri [hp/pkp (dpa, kna)]/dw.com/id. []

Keliling Uni Eropa dengan Satu Kereta Api

Jungfraujoch Stasiun Kereta Api di Swiss Tertinggi di Eropa

Orient Express, Kereta Api Mewah Lewati Kota-kota Uni Eropa

Membandingkan Kereta Sleeper Baru Indonesia dengan Eropa

Berita terkait
Keliling Uni Eropa dengan Satu Kereta Api
Uni Eropa ingin membuat perjalanan kereta api lebih menarik bagi para penumpang pada akhir dekade, dengan Connecting Europe Express
0
Uni Eropa Bagikan 60 Ribu Tiket KA Gratis untuk Anak Muda
Komisi Uni Eropa membagikan 60.000 tiket kereta api (KA) Eropa Interrail kepada kaum muda untuk perjalanan di Eropa