Yuk, Tingkatkan Imun dengan Konsumsi 5 Buah Berikut Ini!

Buah-buahan adalah sumber yang kaya dari banyak nutrisi penting yang kurang dikonsumsi, seperti potasium, vitamin C, serat makanan dan folat.
Konsumsi Buah. (Foto: Tagar/Indoindians)

Jakarta - Salah satu cara menjaga kesehatan yang terpenting adalah dengan menerapkan kebiasaan yang memperkuat kekebalan tubuh. Seperti cukup tidur, mengelola stres, aktif, mencuci tangan dengan benar, dan makan dengan teratur.

Mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang sehat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan menambah manfaat kesehatan lainnya. Saat membeli buah dari pasar, pastikan Anda selalu memilih makanan yang disiapkan secara organik.

Jika Anda mencari cara untuk mencegah pilek, flu, atau infeksi lainnya tanpa suplemen medis, Anda harus memasukkan buah-buahan ke dalam rencana makan harian Anda.

Sebagian besar buah-buahan rendah lemak, natrium, dan kalori, tanpa kolesterol. Buah-buahan adalah sumber yang kaya dari banyak nutrisi penting yang kurang dikonsumsi, seperti potasium, vitamin C, serat makanan, dan folat.


1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah terbaik yang meningkatkan kekebalan, mengandung sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin, yang menunjukkan sifat antioksidan dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi tahun 2016 menyimpulkan bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan seseorang.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, dibandingkan dengan mereka yang tidak.


2. Buah jeruk

Kebanyakan orang segera beralih ke vitamin C setelah masuk angin. Perilaku seperti itu diamati karena membantu memperkuat sistem kekebalan Anda. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan garis depan pertahanan melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk merupakan sumber yang kaya vitamin C. Beberapa buah jeruk yang populer termasuk jeruk bali, clementine, jeruk keprok, jeruk, limau, lemon.


3. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang meningkatkan kekebalan dan sarat dengan vitamin C. Anda bisa mendapatkan hampir dua kali lipat jumlah vitamin C yang ditentukan setiap hari dalam satu buah berukuran sedang.

Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya juga memiliki sejumlah besar potasium, magnesium, dan folat, yang semuanya meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.


4. Kiwi

Seperti pepaya dan buah-buahan lain yang meningkatkan kekebalan, kiwi secara alami dikemas dengan banyak nutrisi penting, seperti folat, vitamin K, potasium, dan vitamin C.

Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara berbagai nutrisi lain yang ditemukan dalam kiwi memastikan fungsi yang sehat dari seluruh tubuh Anda.


5. Nanas

Nanas kaya akan vitamin C dan mangan. Ini mengandung enzim yang disebut bromelain. Bromelain membantu tubuh menyerap antibiotik, mengontrol diare, dan bahkan melawan diabetes, penyakit jantung, serta kanker, sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Biotechnology Research International.

Anda dapat memasukkan nanas ke dalam makanan Anda dengan memakannya sebagai camilan atau memasukkannya ke dalam smoothie Anda. Anda juga bisa memasukkan nanas ke dalam oatmeal.

(Putri Fatimah)

Berita terkait
5 Cara Mengolah Buah Bit yang Enak dan Menyehatkan
Faktanya, buah bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah.
Sedang Diet? 5 Buah Ini Dapat Membantu Turunkan Berat Badan
Kandungan serat pada buah membuat rasa kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.
Cara Menyimpan Buah-buahan Agar Tetap Segar
Buah yang segar menjadi cepat layu karena kesalahan penyimpanan.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.