UNTUK INDONESIA

Tugas Penting Gugus Tugas PAUD HI di Kabupaten Magelang

Lima kecamatan di Kabupaten Magelang telah punya Gugus Tugas PAUD HI. Apa saja tugas gugus tugas tersebut?
Ilustrasi kegiatan PAUD, gambar diambil sebelum pandemi. Di Kabupaten Magelang telah terbentuk Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif. (Foto: Tagar/Istimewa)

Magelang - Lima dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah membentuk Gugus Tugas Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI). Tugas dari gugus tugas ini adalah mewujudkan pendidikan bagi anak usia dini tanpa mengesampingkan hak-hak esensial mereka.

Hak esensial bagi anak usia dini tersebut meliputi kesehatan dan gizi, rancangan pendidikan, pembinaan moral emosional, dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan kelompok umurnya.

"Sesuai laporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, hingga saat ini baru ada lima kecamatan yang sudah membentuk gugus tugas PAUD HI. Yaitu Kecamatan Dukun, Tegalrejo, Windusari, Grabag, Tempuran," sebut Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, Rabu, 17 November 2020.

Adi meminta kecamatan lain yang belum memiliki gugus tugas segera membentuk. Mengingat, keberadaan gugus tugas ini diharapkan dapat mendorong lahirnya generasi-generasi unggul di masa mendatang.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin mengatakan, PAUD HI merupakan salah satu prioritas pembangunan SDM di Kabupaten Magelang.

"Anak-anak usia dini harus diberikan pondasi yang baik secara komprehensif, holistik integratif untuk meneruskan estafet kepemimpinan," ujarnya.

Baca juga: 

Menurut Tanti, PAUD tidak hanya menjadi sentra pendidikan akan tetapi hak-hak esensial anak dapat terliputi di dalamnya, baik perawatan, kesehatan, gizi, perlindungan anak, dan hak-hak sipil anak.

Dia pun meminta para bunda PAUD untuk lebih aktif dalam menjalin komunikasi dengan para pemerintah desa dan kecamatan. Apalagi, desa memiliki anggaran terkait dengan adanya undang-undang desa.

"Bunda PAUD memiliki peran strategis dalam hal ini. Semoga mereka bisa memberikan masukan dan ikut menyuarakan program-program untuk PAUD HI," imbuhnya. []

Berita terkait
Ketua PKK Manggarai Kukuhkan Bunda PAUD, Ini Tugasnya
Pjs Ketua PKK Manggarai kukuhkan Bunda PAUD se Kecamatan Manggarai. Ini tugasnya.
Lihat Sejarah, Murid PAUD di Maros Diajak Kunjungi Museum
Peringati hari Museum, 50 anak PAUD kunjungi Museum kota. Kunjungan ini diinisiasi Dinas kebudayaan dan Pariwisata Maros.
Gaya Putri Kylie Jenner Masuk PAUD, Pakai Tas Rp 148 Juta
Keluarga Kardashian memang tak pernah jauh dari gaya. Putri Kylie Jenner usia 2 tahun pakai tas ke PAUD seharga Rp 148,8 juta.
0
Tugas Penting Gugus Tugas PAUD HI di Kabupaten Magelang
Lima kecamatan di Kabupaten Magelang telah punya Gugus Tugas PAUD HI. Apa saja tugas gugus tugas tersebut?