Trik Cerdas Menghindari Aksi Begal

Bahkan pelaku pembegalan tidak segan menghabisi nyawa korban atau melukai korban dengan senjata tajam.
Illustasi Oknum Pembegalan (Foto: Tagar/Pexels/Zachary Debottis)

Jakarta - Kehidupan masyarakat perkotaan sering kali dirundung ketakutan aksi begal di jalan raya. Maraknya aksi begal mengharuskan pengendara motor atau mobil untuk selalu waspada terutama di wilayah yang banyak terdapat kasus pembegalan terjadi.

Pelaku pembegalan tentu tidak pandang bulu terhadap korban yang di begalnya. Pelaku biasanya melancarkan aksinya pada tempat yang cendeung sepi dan di malam hari. 

Bahkan pelaku tidak segan menghabisi nyawa korban atau melukai korban dengan senjata tajam.

Berikut trik untuk meminimalisir untuk menghindari aksi begal di jalan raya.


1. Gunakan alat pelindung lengkap saat berkendara

Hal ini wajib dilakukan agar jika terjadi tidak melukai tubuh anda dari senjata yang dibawa oleh pelaku. Direkomendasikan memakai helm fullface dengan standar SNI, jaket tebal, sarung tangan, dan sepatu.


2. Hindari menggunakan perhiasan yang memancing kejahatan

Sebelum berpergian terutama di waktu malam untuk wanita, sebaiknya lepaskan perhiasan yang sekiranya dapat memancing mata seseorang yang berbuat jahat.


3. Gunakan tas didepan dada

Posisi tas dibelakang punggung sangat berbahaya, lebih baik posisi tas berada didepan dada. Namun jika anda memiliki box di motor anda, sebaiknya taruh tas di box tersebut supaya lebih aman


4. Lewati jalan yang cenderung ramai

Jalan sepi dan gelap sangat besar berpotensi terjadinya pembegalan. Sebaiknya lewati jalan yang anda kenali medannya dan cenderung ramai.


5. Waspada jika dibuntuti

Berkendara diwantu malam biasanya sudah jarang yang berlalu lalang, jika anda berkendara merasa dibuntuti segera lakukan gerakan zig-zag untuk menjauhi orang yang mengikuti dibelakang.

Demikian trik yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pembegalan dijalan. Jangan lupa untuk selau fokus dan berdoa.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Seorang Perempuan Muda di Bulukumba Dibegal dan Dilecehkan
Seorang perempuan muda yang baru saja pulang kerja di Kabupaten Bulukumba dibegal dan dilecehkan saat hendak kembali ke rumahnya.
Mahasiswi Diduga jadi Korban Begal Payudara di Yogyakarta
Mahasiswi diduga menjadi korban begal payudara di Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Dugaan aksi tak senonoh ini beredar di media sosial.
Polisi Tembak Begal Bersenjata Busur di Makassar
Pelarian begal sadis di Makassar terhenti di timah panas petugas kepolisian.
0
Trik Cerdas Menghindari Aksi Begal
Bahkan pelaku pembegalan tidak segan menghabisi nyawa korban atau melukai korban dengan senjata tajam.
Fakta-fakta Unik Tentang Astronaut