UNTUK INDONESIA
Todd Phillips Ungkap Nasib Perempuan Tetangga Joker
Sutradara film Joker Todd Phillips membeberkan jawaban terkait teka-teki nasib perempuan tetangga apartemen Arthur Fleck.
Sosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

Jakarta - Sutradara film Joker Todd Phillips membeberkan jawaban terkait teka-teki nasib perempuan tetangga apartemen si tokoh badut kriminal, Sophie Dummond.

Dalam film, terdapat adegan Arthur Fleck memasuki kamar Sophie, namun setelahnya, tidak ada gambaran apapun mengenai terbunuh atau tidaknya peremouan tersebut.

Sejumlah spekulasi menggelinding di kalangan penonton film Joker. Banyak yang percaya bahwa adegan Arthur memasuki kamar Sophie hanyalah imajinasi Fleck semata.

Banyak juga yang berpendapat bahwa Arthur memiliki ketertarikan khusus kepada Sophie sehingga merupakan hal yang tidak mungkin bagi Fleck untuk membunuhnya.

Saya benci adegan yang dihapus.

Melansir laman NME, Todd Phillips akhirnya menjawab teka-teki dengan pernyataan bahwa Arthur Fleck tidak pernah membunuh Sophie Dummond.

"Dia tidak membunuhnya, secara definitif. Sebagai pembuat film dan penulis, saya mengatakan dia tidak membunuhnya. Kami menyukai gagasan bahwa itu hampir seperti tes untuk penonton untuk mengatakan, 'Seberapa gila dia?'," " kata Phillips, diberitakan NME pada Rabu, 6 November 2019.

JokerSosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

Todd mengaku dengan sengaja memotong adegan pada bagian tersebut untuk menjaga struktur narasi film agar tetap menunjukan peristiwa dari perspektif Joker.

"Kebanyakan orang yang saya temui berpikir bahwa dia tidak membunuhnya karena mereka memahami gagasan bahwa dia hanya membunuh orang yang melakukan kesalahan padanya," ujar Phillips.

"Dia tidak ada hubungannya dengan itu. Kebanyakan orang mengerti bahwa, bahkan sebagai penjahat, dia hidup dengan kode (etik) tertentu. Tentu saja dia tidak membunuh perempuan itu di situ," kata dia.

Baca juga: Joaquin Phoenix Tutup Kemungkinan Sekuel Film Joker

Phillips sebelumnya juga mengatakan bahwa dia tidak akan merilis adegan yang dihapus atau dipotong untuk film versi panjang.

"Saya benci potongan yang panjang. Saya benci adegan yang dihapus. Mereka dihapus karena suatu alasan. Film yang ada adalah persis film yang saya inginkan dan saya tidak akan pernah menampilkan adegan yang dihapus," kata Phillips. []

Berita terkait
Blink 182 Kenakan Kostum Joker Saat Manggung
Kesuksesan film Joker rupanya menginspirasi banyak orang untuk mengenakan kostum sang badut kriminal.
Sutradara Joker Bocorkan Adegan yang Dihapus dalam Film
Sutradara film Joker membocorkan adegan dari tokoh Badut Kriminal yang dihapus dalam film.
Gaji Joaquin Phoenix dan Pendapatan Kotor Film Joker
Raihan pendapatan kotor film Joker yang mencapai Rp. 12 triliun dinilai tak sebanding dengan gaji Joaquin Phoenix.
0
Polres Gowa Kantongi Tes Kejiwaan Pelaku Pembunuhan
Polres Gowa telah mengantongi hasil pemeriksaan kejiwaan pelaku pembunuhan sadis di Kabupaten Gowa, HS dari RS Bhayangkara Makassar.