UNTUK INDONESIA
Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris untuk Kamu
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggrismu.
Ilustrasi kata. (Foto: Tagar/Pexels/Skitterphoto)

Jakarta – Sekarang di Indonesia sudah banyak orang-orang di sekitar yang berbicara dalam bahasa Inggris, ada yang fasih, ada yang memiliki kemampuan sedang, bahkan ada yang menyampurkan kedua bahasa karena tidak lancar.

Tau kah kamu? Sebenarnya untuk dapat fasih dalam menggunakan bahasa Inggris dasarnya ada pada kosakata, kalau kamu memiliki banyak kosakata maka kamu akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris.

Untuk mendapatkan kosakata tersebut kamu perlu menjadikan hal-hal di bawah ini kebiasaan atau rutinitas jadi tanpa sadar kamu sudah menambah kosakata baru setiap harinya. Berikut tips menambah kosakata bahasa Inggris:

1. Menonton Film

Menonton FilmIlustrasi menonton film. (Foto: Tagar/Pexels/Vlada Karpovich)

Menonton film bisa jadi pilihan pertama kamu untuk mulai mendapatkan kosakata baru. Saat menonton film kamu diuntungkan dari banyak sisi, untuk awal jangan lupa gunakan subtitle berbahasa Inggris. 

Ketika menonton filmnya, kamu otomatis akan mendengar bagaimana suatu kata itu diucapkan dan juga melihat tulisannya melalui subtitle. Jadi kamu bisa mulai untuk menirukan cara membacanya. Mungkin pada awal kamu akan merasa kebingungan tapi jika sudah sering dilakukan kamu akan terbiasa. Pastikan pilih film yang kamu senangi ya.

2. Membaca

MembacaIlustrasi Membaca. (Foto: Tagar/Pexels/Andrea Piacquadio)

Buat kamu yang senang membaca, kamu bisa untuk mulai membaca buku, majalah, koran atau apapun itu yang berbahasa Inggris. Perbanyaklah membaca dan saat kamu menemukan kata baru, kamu bisa mencari artinya di kamus dengan begitu kamu bisa mendapatkan kosakata baru dan memahaminya.

3. Mendengarkan Lagu

Mendengarkan LaguIlustrasi mendengarkan lagu. (Foto: Tagar/Pexels/Andrea Piacquadio)

Kegiatan ini menyenangkan dan pasti kamu sering melakukannya. Kamu bisa dengarkan lagu berbahasa Inggris favoritmu sambil melihat liriknya. lalu, saat menemukan kata baru kamu bisa mencari artinya di kamus. Lebih lagi, kamu juga bisa ikut bernyanyi dan tanpa sadar kamu sudah belajar bahasa Inggris.

4. Gunakan Kamus

kamusIlustrasi Kamus. (Foto: Tagar/Pexels/Pixabay)

Kamu bisa menggunakan kamus yang berbentuk buku maupun digital, pastikan kamu memilih kamus yang terbaik. Jangan lupa untuk selalu mencari artinya di dalam kamus saat menemukan kata baru, kamu juga bisa mencari persamaan kata atau lawan dari kata tersebut. Jadi kosakatamu bisa lebih kaya lagi.

5. Buat Catatan Khusus

menulisIlustrasi menulis di catatan khusus. (Foto: Tagar/Pexels/picjumbo.com)

Kamu bisa menuliskan kata yang baru saja kamu dapatkan dan melengkapinya dengan arti. Kamu juga bisa menuliskan persamaan kata atu lawan kata dari kata tersebut. Sehingga kamu bisa membaca catatanmu sewaktu-waktu dimanapun dan kapanpun.

6. Permainan

scrabbleIlustrasi scrabble.(Foto: Tagar/Pexels/Pixabay)

Saat ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan permainan kata, kamu bisa mengunduh permainan seperti scrabble, kata acak atau Guess the Word. Jadi kamu bisa bermain sambil menambah kosakata baru. 

7. Sticky Note

Sticky noteIlustrasi sticky note. (Foto: Tagar/Pexels/Bruno Bueno)

Untuk kamu yang belum tau, sticky note merupakan selembar kertas kecil yang sudah disertai lem sehingga kamu bisa menempelkannya dimana saja.

Kamu bisa lho menggunakan selembar kertas kecil ini untuk menambah kosakata bahasa Inggrismu. Caranya gampang, kamu bisa mulai dengan mencari kata bahasa Inggris dari barang-barang yang ada di kamarmu. Contohnya kata wall yang berarti dinding, kamu bisa merekatkan sticky note yang sudah kamu beri kata tersebut di dinding.

8. Coba Berbincang dengan Orang Lain

BerbincangIlustrasi berbincang. (Foto: Tagar/Pexels/Augus de Richelieu)

Agar bisa mendapatkan kosakata baru lainnya, kamu juga perlu untuk berbincang dengan orang lain. Saat kamu berbincang dengan orang lain kamu akan mendapatkan kosakata baru, jangan malu untuk bertanya jika kamu tidak memahami maksudnya. Pastikan juga kamu selalu catat kembali kata baru yang kamu dapatkan dari percakapanmu. 

Itulah tips yang bisa membantumu menambahkan kosakata bahasa Inggris, kuncinya ada pada konsistensi dan jangan pernah menyerah untuk terus belajar. Selamat berproses!. []

Baca juga:



Berita terkait
10 Kata Cinta Menyakitkan dalam Bahasa Indonesia dan Jawa
Langit tak selalu biru, demikian pula cinta yang tak selalu indah. Berikut ini 10 ungkapan cinta menyakitkan dalam bahasa Indonesia dan Jawa.
Contoh 15 Paragraf Deskripsi dalam Padanan Bahasa Indonesia-Bugis
Membaca tulisan deskriptif serasa membaca novel dengan bahan baku fakta. Ini contoh 15 paragraf deskripsi dalam padanan bahasa Indonesia-Bugis.
Contoh 15 Paragraf Deskripsi dalam Padanan Bahasa Indonesia-Minang
Paragraf deskripsi membawa pembaca ke keadaan yang digambarkan penulis. Ini contoh 15 paragraf deskripsi dalam padanan bahasa Indonesia-Minang.
0
Kapitalisasi Pasar Unilever Salip Emiten BUMN, Hanya Sesaat?
Sulit mengukur jangka waktu naiknya kapitalisasi pasar emiten yang menyalip emiten lain seperti Unilever yang mengungguli Bank Mandiri dan Telkom.