Tips Memilih Asuransi yang Cermat Ala Cindy Xie

Dalam memilih asuransi, calon pembeli haruslah cermat memilih agen. Carilah agen yang mengerti cara mengklaim asuransi.
Cindy Xie (Foto:Tagar/dok.pribadi)

Jakarta - Pada dasarnya stigma asuransi di Indonesia masih sangatlah rendah. Karena masih kurangnya pemahaman mengenai konsep dan makna dari asuransi itu sendiri. Seiring berkembangnya teknologi membuat masyarakat lebih mudah dalam berbagi dan mencari informasi, termasuk asuransi. 

Seperti hal yang disampaikan oleh insurance content creator, Cindy Xie dalam webinar Tagar.id dengan tema Cermat Berasuransi Agar Tidak Merugi, Sabtu 20 November 2021. Ia memberikan tips memilih asuransi yang cermat.

Sebagai content creator, Cindy menggunakan sosial media sebagai wadah mengedukasi konsep asuransi yang benar. Agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang terproteksi dan mengurangi risiko dengan asuransi.


1. Memilih agen yang baik

Dalam memilih asuransi, calon pembeli haruslah cermat memilih agen. Carilah agen yang mengerti cara mengklaim asuransi. Serta berhati-hati ketika agen menawarkan produk dengan iming-iming nilai tunai terutama pada unit link. Karena unit link adalah estimasi bayar dan estimasi investasi yang terbentuk.

Dati 10 tahun IHSG naik tidak sampai 10%. Sedangkan jika ditabel asuransi, ilustrasinya ada 5%,10%,hingga 15%. Serta ada beberapa oknum yang mengimingi return 15% di unit link itu harus diwaspadai Sebelum membeli asuransi. Kita harus memahami bahwa asuransi dibeli guan memproteksi bukan sebagai investasi untuk bermain di sektor lain.


2. Jangan modal ga enakan dan memastikan produk yang dibeli

Karena memiliki keluarga atau teman sebagai agen yang dikenal. Membuat rasa ingin membantu pun muncul tanpa mengetahui apa yang dibeli. Seharusnya sebelum membeli produk, calon pembeli memahami dan mempelajari produk tersebut.

Tak hanya itu, calon pembeli juga harus memastikan bahwa produk yang disajikan oleh agen sesuai dengan apa yang kita mau dan butuhkan. Jangan sampai dalam 1 polis mencakup banyak asuransi atau dikenal dengan asuransi gado-gado. Karena asuransi gado-gado tidak berfungsi dengan baik. Lebaih baik menambah asuransi dan membeli sesuai dengan kebutuhan.


3. Jangan hanya percaya kata agen

Calon pembeli jangan malas belajar, membedah polis dan tergiur serta tergiur premi paling murah. Calon pembeli seharusnya wajib melihat dan mengerti dari produk yang dipilih agar sesuai dengan yang dibutuhkan.


4. Biaya asuransi

Seperti pada unit link, biaya yang perlu dibandingkan bukanlah premi melainkan biaya asuransi jangka panjang. Calon pembeli perlu mencari tahu biaya asuransi selama 10 atau 15 tahun kedepan mengenai seberapa tinggi biaya yang akan naik.

Karena OJK selalu memiliki tetapan-tetapan persenan. Maka dari itu calon perlu memperhatikan agar terhindar dari kesalahan. Banyak asuransi yang murah pada premi awal tetapi lebih cepat naik karena biaya asuransi.

Itu dia 4 tips yang wajib diperhatikan dalam memilih asuransi yang cermat ala Cindy Xie. Pada dasarnya membeli asuransi bukanlah hal yang asal-asalan. Seorang calon pembeli wajib mempelajari serta mengerti produk yang akan dipilih dan ditawarkan oleh agen agar terhindar dari kerugian di masa mendatang.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Wah! Begini Tips Cermat Pilih Asuransi ala Cindy Xie
Insurance Content Creator Cindy Xie mengungkapkan pentingnya memilih asuransi secara cermat agar tidak mengalami kekecewaan setelah membelinya.
Pentingnya Investasi Diri dengan Asuransi Kesehatan ala Cindy Xie
Cindy Xie merupakan seorang agen asuransi sekaligus pegiat konten kreator di media sosialnya, ia kerap membagikan edukasi tentang asuransi.
Cindy Xie, Konsultan Asuransi yang Dulu Korban Agensi Nakal
Sebagai konten kreator TikTok dan juga Instagram tentang asuransi, terkadang Cindy juga memberikan sebuah edukasi didalam kontennya
0
Tips Memilih Asuransi yang Cermat Ala Cindy Xie
Dalam memilih asuransi, calon pembeli haruslah cermat memilih agen. Carilah agen yang mengerti cara mengklaim asuransi.