Terlilit Utang, Jessica Jung Digugat 96 Miliar Rupiah

Jessica Jung ialah mantan member girlband Korea Selatan, SNSD. Memulai sebut sebagai anggota Girls Generation pada 5 Agustus 2007.
Jessica Jung (Foto:Tagar/Instagram/@jessica.syj)

Jakarta - Jessica Jung ialah mantan member girlband Korea Selatan, SNSD. Memulai sebut sebagai anggota Girls Generation pada 5 Agustus 2007. Namun baru baru ini kabar tak sedap menghampirinya. Ia dugugat ata gagal membayar pinjaman sebesar 8 miliar won atau Rp 96 miliar.

Perempuan kelahiran San Francisco dikabarkan telah dituntut miliyaran won di Hongkong karena pinjaman yang digunakannya untuk brand fashion miliknya. Blanc&Eclare yang didirikan oleh Jessica tidak membayar kembali hutang 6,8 juta dollar pada Joy King Enterprises.

Kemudian pada 24 September Joy King Enterprises mengajukan pengaduan ke Pengadilan Tinggi Hongkong. Jessica mendirikan merek fashion miliknya, Blanc&Eclare pada 2014. dengan pacarnya yang benama Tyler Kwon, seorangan pengusaha Kore-Amerika.

Menurut laporan,Blanc&Eclare meminjan 3 juta Dollar AS atau Rp 42 miliar dan 1 juta Dollah AS atau Rp 14,2 miliar dari Spectra SPC dua kali pada bulan Oktober 2016 dan Mei 2017. Joy King Enterprise dan Spectra SPC menandatangani kontrak transfer pinjaman pada bulan Agustus. Blanc&Eclare gagal membayar kembali uang tersebut pada jatuh tempo, 10 September.

Tyler Kwon selaku CEO Coridel Entertaiment, perusahaan yang menaungi Jessica Jung akhirnya buka suara mengenai gugatan yang ditujukan untuk Jessica Jung. Dia bilang hutang tersebut bukan digunakan untuk urasan pribadi, melainkan untuk perusahaan mereka, yakni Blanc&Eclare.

“Ini bukan utang pribadi Jessica, tetapi pinjaman yang dibuat untuk perusahaan Black&Eclare” ujarnya sebagaimana dilansir dari Soompi pada Rabu, 29 September 2021.

Lelaki yang menjadi kekasih Jessica Jung ini juga menjelaskan kronologi utang tersebut. “Setelah kami pertama kali menerima pinjaman dari Spectra SPC pada tahun 2016 kami rajin melunasi pinjaman selama sekitar 3 tahun” ujar Tyler Kwon.

Pada 2020 karena situasi Covid-19 adanya perubahan ekonomi, akhirnya tercipta kesepakatan dengan Spectra SPC untuk memperpanjang jangka waktu pinjaman dari apa yang telah dijanjikan. Lalu terjadi perngambilahian urusan piutang oleh Joy King Enterprises.

Tyler mengungkapkan meskipun mereka telah mencapai kesepakatan dengan Spectra SPC, Joy King Enterprises tetap meminta agar utang itu diselesaikan dengan cepat. Selanjutnya, Joy King Enterprise mengajukan gugatan terhadap Tyler Kwon dan meminta untuk membayar Hutang tersebut dengan menambah bunga.


Ini bukan utang pribadi Jessica, tetapi pinjaman yang dibuat untuk perusahaan Black&Eclare.


“Mengingat skala perusahaan kami, ini adalah pinjaman yang dapat dengan mudah dilunasi, tetapi membayar seluruh pinjaman ditambah bunga hanya dalam waktu dua minggu, tepat setelah transfer pinjaman, terlalu banyak."

Setelah kesepakatan pembayaran tercapai, Blanc&Eclare belum selesai melunasi tanggung jawab hutang. Kini merekapun juga diwajibkan membayar hutang beserta bunga yang tinggi.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Video Taeyeon SNSD dan Ravi VIXX Beredar, Penggemar Marah
Beredarnya sejumlah gambar dan rekaman video kebersamaan bintang K-Pop Taeyeon SNSD dan Ravi VIXX, memantik kemarahan di kalangan penggemar.
Isu Taeyeon SNSD - Ravi VIXX Pacaran, Agensi Rilis Pernyataan
Leader dari Girls’ Generation (SNSD) yaitu Taeyeon, digosipkan berpacaran dengan rapper utama VIXX, Ravi.
Chen Exo dan Taeyeon SNSD Isi OST Do You Like Brahms?
Bintang K-Pop Chen Exo dan Taeyeon SNSD dikonfirmasi bakal mengisi lagu soundtrack drama Korea berjudul Do You Like Brahms?.
0
Belajar dari Yahya Waloni, NU: Etika Dakwah Itu Penting!
Mahasiswa UNS membuat beberapa poster kritikan terhadap Jokowi dan dibentangkan di depan gedung kampusnya agar Jokowi dapat melihat aspirasinya.