Telemedisin dan Obat Gratis Pasien Isoman Diperluas ke Bodetabek

Layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui telemedisin bagi pasien Covid-19 Isoman diperluas ke Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi
Layanan telemedisin bagi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri (Foto: setkab.go.id/Humas Kemenkes)

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI memperluas layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui layanan telemedisin bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri (Isoman) ke-4 wilayah yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Diuji coba di Jakarta pada 7 Juli 2921 lalu, layanan telemedisin ini hadir untuk mempermudah masyarakat terutama yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk konsultasi kesehatan secara virtual tanpa harus datang ke rumah sakit (RS) serta untuk mengurangi beban keterisian tempat tidur di RS, sehingga layanannya bisa digunakan untuk pasien bergejala sedang, berat dan kritis.

Total ada 11 platform telemedisin di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes, yaitu Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.

Agar pelaksanaanya lebih efektif dan efisien, kini alur layanan telemedisin Covid-19 dibuat lebih ringkas. Pasien tidak perlu lagi mengirimkan pesan ke apotik Kimia Farma, tapi cukup mengisi form pemesanan obat dan unggah KTP di platform telemedisin yang dipilih dan semuanya sudah langsung diproses secara otomatis.

isolasi mandiri di hutan Kulon ProgoPoniran (kaos putih) sedang berkomunikasi dengan dengan seorang warga yang menengoknya di gubug karantina. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Layanan telemedisin gratis dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium. Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan test Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedisin. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Sebelum berkonsultasi, pasien harus menginformasikan bahwa dirinya adalah pasien program Kemenkes.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien. Hanya pasien kategori isoman, yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Tidak semua jenis obat diberikan gratis, hanya ada 2 paket obat yang ditanggung Kemenkes yakni:

Paket A (Orang Tanpa Gejala) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari.

Paket B (bergejala ringan) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari, Azithromisin 500mg sebanyak 5 butir konsumsi sehari sekali, Oseltamivir 75mg sebanyak 14 butir konsumsi dua kali sehari dan parasetamol tab 500 mg sebanyak 10 butir (apabila dibutuhkan).

Ditekankan babwa obat dan vitamin yang diberikan hanya untuk konsumsi pasien dan tidak boleh diperjualbelikan.

Pengiriman obat atau vitamin dari apotek Kimia Farma ke alamat pasien akan dibantu oleh jasa ekspedisi SiCepat. Untuk itu, pastikan pengisian alamat pengiriman di platform telemedisin sudah benar, sesuai dengan alamat pasien.

karantina mandiri soloSebanyak 106 warga di RT 3 RW 6 Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo menjalani isolasi mandiri. Mereka melakukan lockdown wilayah selama 14 hari. (Foto: Tagar/Sri Nugroho)

Setelah diproses, pasien akan mendapatkan SMS dari SiCepat yang berisi nomor resi dan status pengiriman. Jadi pasien bisa memantau lokasi/posisi barang kiriman.

Dimasa pandemi sekarang ini, layanan telemedicine menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan risiko kesehatan yang seminimal mungkin. Karena antara pasien dan dokter tak perlu bertatap muka, cukup berkonsultasi secara online.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan terus berupaya memperluas layanan telemedisin Covid-19. Selain di Jabodetabek, rencananya layanan telemedicine Covid-19 ini akan secara bertahap dikembangkan di ibu kota-ibu kota provinsi (MF)/sehatnegeriku.kemkes.go.id. []

Berita terkait
Alur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri
Layanan telemedisin untuk menjawab kebutuhan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri terhadap konsultasi dan pemantauan oleh tenaga kesehatan
11 Platform Telemedisin Berikan Layanan Gratis Bagi Pasien Isoman
Kemenkes pastikan pasien yang isoman tetap memperoleh layanan kesehatan melalui konsultasi kesehatan secara virtual atau telemedicine
0
David Beckham Refleksikan Perjalanannya Jadi Pahlawan untuk Inggris
David Beckham juga punya tips untuk pesepakbola muda, mengajak mereka untuk menikmati momen sebelum berlalu