UNTUK INDONESIA
Teka-teki Rapat Tertutup Mahfud MD-Tito Karnavian
Menko Polhukam Mahfud MD menggelar pertemuan terutup dengan Mendagri Tito Karnavian membahas soal Pilkada serentak 2020.
Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian usai melakukan pertemuan tertutup di Jakarta pada Jumat, 17 Januari 2020. (foto: Tagar/Edy Syarif).

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menggelar pertemuan terutup dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. 

Mahfud mengaku sedang berkoordinasi dengan Tito soal Pilkada 2020. Namun, dirinya enggan menjelaskan detail pembicaraannya kepada wartawan.

“Tidak bisa disampaikan di sini karena uraiannya panjang, yang penting kita akan melakukaan koordinasi terutama menjelang pilkada tahun ini,” kata Mahfud usai pertemuan di Kemendagri, Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu melanjutkan, pertemuannya dengan eks Kapolri bertujuan memastikan persiapan Pilkada serentak di 270 daerah. 

Dia menyambangi kantor Mendagri lantaran kementerian ini merupakan institusi utama dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Pada intinya kita siap lah menyelenggarakan Pilkada 2020 yang berjumlah 270. Insya Allah aman dan lancar,” katanya.

Sementara Tito merasa mendapatkan kehormatan dengan kunjungan Mahfud. Hal ini karena Kemendagri merupakan salah satu institusi di bawah naungan Kemenkopolhukam

Baca juga: Khofifah Temui Mendagri Bahas Pilkada 2020

Tidak bisa disampaikan di sini karena uraiannya panjang, yang penting kita akan melakukaan koordinasi terutama menjelang pilkada.

“Ini kunjungan kehormatan bagi jajaran Kemendagri,” ujar Tito.

Tito menjelaskan, dalam konteks Pilkada 2020, Kementerian-nya bertugas menjaga stabilitas sosial politik, terutama politik tingkat nasional. 

Atas dasar tugas hal itu juga, Tito sempat mengundang sembilan Sekjen partai politik ke kantornya pada pekan lalu.

“Nanti juga partai politik yang tidak ada di Senayan saya akan bertemu dengan para sekjennya dan berdiskusi berbagai masalah politik dalam rangka untuk Pilkada 2020 agar aman, tertib, sekaligus membangun sistem politik yang sehat,” katanya.

Baca juga: Anak Amien Rais Ingin Beli PSS Bukan untuk Pilkada

Sebelum bertemu Mahfud, Tito menerima kunjungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta rombongan. 

Dalam pertemuan itu Khofifah juga membahas persiapan Pemprov Jatim dalam Pilkada 2020, khususnya di 19 kabupaten dan kota, untuk menggelar pesta demokrasi tahun ini.

Khofifah juga mengaku telah memetakan daerah-daerah rawan konflik pada pilkada. Pemetaan itu, katanya, sudah sampai di tangan Polda Jawa Timur.

“Sudah kami serahkan kepada Polda, rata-rata (rawan konflik) berada di wilayah kacamatan dan desa,” katanya.

Pilkada serentak tahun ini rencananya akan berlangsung pada 23 September 2020. Dari 270 daerah yang menggelar Pilkada, 224 daerah memilih bupati, 37 wilayah memilih walikota dan 9 provinsi memilih gubernur. []

Berita terkait
Pilkada Kalteng, Petahana Kantongi Rekomendasi PKB
Pasangan petahana Kalteng mengklaim sudah mengantongi rekomendasi dari sejumlah parpol. Salah satunya PKB.
8 Calon Independen Siap Tarung di Pilkada Sumbar
Delapan calon independent untuk Pilkada Sumatera Barat 2020, telah mendaftar ke KPU.
Kader Golkar Ingin Dampingi Gibran di Pilkada Solo
Razali, kader Golkar ingin berpasangan dengan Gibran di Pilkada Kota Solo 2020. Dia gencar mengenalkan dirinya ke publik lewat spanduk.
0
Jakarta Banjir, KPK Batal Periksa Orang KPU dan PDIP
Pelaksana Tugas Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan batal memeriksa anggota KPU dan PDIP karena permasalahan banjir