TCA 2020, Bamsoet Minta CSR Tingkatkan Mutu Masyarakat

Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta perusahaan BUMN dan Swasta meningkatkan mutu masyarakat dalam pelaksanaan progam CSR.
Ketua MPR, Bambang Soesatyo saat memberi sambutan acara Teropong CSR Award 2020. (Foto: Dokumen Teropong Senayan)

Jakarta - Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta yang mendapatkan penghargaan melalui acara bertajuk Teropong CSR Award (TCA) 2020 agar meningkatkan mutu masyarakat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Selaku Ketua Juri TCA 2020 Bamsoet mengatakan, penghargaan ini akan menjadi jalan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk terus meningkatkan brand mereka melalui sejumlah program CSR. Acara itu berlangsung secara virtual pada Rabu, 15 Juli 2020.

Jika setiap perusahaan menjalankan CSR-nya secara baik, niscaya tak akan terjadi konflik antara perusahaan dengan masyarakat

Dia berpandangan, di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, program CSR memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu dan mengembangkan ekonomi masyarakat yang terkena dampak.

"Dalam pandemi ini rasa sosial kita terus ditingkatkan, berusaha untuk membantu masyarakat dan semangat partisipasi," katanya.

Politikus Partai Golkar itu berpendapat, acara yang diselenggarakan media Teropong Senayan ini bisa menjadi batu loncatan bagi perusahaan-perusahaan tersebut untuk terus memberikan bantuan kepada masyarakat melalui program CSR.

Bamsoet menuturkan, selain meningkatkan bisnis, perusahaan itu juga memberikan dampak bagi ekonomi, sosial, dan lingkungan di sekitar wilayah usaha mereka.

Tak hanya itu, niatan dibalik program CSR menjadi penguat hubungan antara perusahaan, pemerintah, dengan masyarakat berdasarkan prinsip saling menguntungkan (kemitraan).

"Jika setiap perusahaan menjalankan CSR-nya secara baik, niscaya tak akan terjadi konflik antara perusahaan dengan masyarakat. Sangat penting bagi perusahaan untuk tak sekadar memandang CSR sebagai pengeluaran atau beban biaya. Melainkan memandang CSR sebagai bagian dari pembangunan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

"Saya secara pribadi ucapkan selamat kepada para pemenang CSR Award 2020. Perusahaan yang belum mendapatkan penghargaan ini, semoga pada kesempatan lain bisa menerima penghargaan ini," tambahnya.

Tim penilai atau juri dalam acara CSR Award 2020 terdiri dari lima orang, yakni Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Sarman Simanjorang, dan Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Jakarta Mahir Yahya Bayasut, Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rolas Budiman Sitinjak, Akademisi Bidang Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat IPB, Mahmudi Siwi.

Penilaian dilakukan dengan menggunakan metode crawling data dengan meriset sejumlah pemberitaan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Beberapa data yang terkumpul kemudian dijadikan indikator untuk kategori penghargaan hingga ditentukan perusahaan yang berhak memperoleh predikat Teropong CSR Award 2020.

Pada hari puncak penganugerahan Teropong CSR Award 2020, terdapat 13 perusahaan yang berhasil memenangkan dan dianggap memiliki kualitas penilaian tertinggi. Berikut daftar perusahaannya:

  1. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk meraih penghargaan dalam kategori Pengembangan Digital E-Learning, dan Peduli UMKM.
  2. PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan kategori Pengembangan Digital E-Learning, Pengembangan Olahraga, Peduli UMKM, Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat.
  3. PT Hutama Karya (Persero) meraih penghargaan kategori Peduli UMKM, Peduli Bisnis Berkelanjutan dan Peduli Masyarakat.
  4. PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) meraih penghargaan kategori Pengembangan Digital E-Learning, dan Pengembangan Pariwisata.
  5. PT Indofood Sukses Makmur Tbk meraih penghargaan kategori Pengembangan Olahraga, Peduli UMKM, dan Peduli Masyarakat.
  6. PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) Finance Tbk meraih penghargaan kategori Pengembangan Kesehatan Masyarakat, dan Peduli UMKM.
  7. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meraih penghargaan kategori Pengembangan Pariwisata, Peduli UMKM, dan Peduli Masyarakat.
  8. PT Food Station Tjipinang Jaya meraih penghargaan kategori Peduli UMKM, dan Peduli Masyarakat.
  9. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk meraih penghargaan kategori Peduli Bisnis Berkelanjutan, dan Peduli Masyarakat
  10. PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Tbk meraih penghargaan kategori Peduli Masyarakat.
  11. Perumda Pasar Jaya meraih penghargaan kategori Peduli Masyarakat.
  12. PT Smartfren Telecom Tbk meraih penghargaan kategori Peduli Masyarakat.
  13. PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Tbk meraih penghargaan kategori Peduli UMKM. []
Berita terkait
Covid-19 Berakhir Jika Limbah B3 Rumah Sakit Diatasi
Dyah Roro Esti meminta agar limbah B3 milik rumah sakit segera diatasi agar dapat mengakhiri pandemi Covid-19.
Pesan Yenny Wahid ke Pemerintah Soal Indonesia Timur
Yenny Wahid menyarankan agar pemerintah beri kebijakan yang lebih besar kepada masyarakat yang berada di Indonesia bagian Timur, khususnya Papua.
Minta Dukungan DPR, Kominfo Hendak Blokir Situs Judi
Semuel Pangerapan mengatakan Kominfo berencana memasang mesin pemblokir situs dan konten negatif, termasuk situs perjudian yang ada di Tanah Air.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.