Tata Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan 2021 di Dikdin.bkn.go.id

Kemenpan RB resmi membuka pendaftaran calon praja/taruna/mahasiswa sekolah kedinasan tahun 2021 lewat situs dikdin.bkn.go.id.
Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021. (Foto: Instagram/kemenpanRB)

Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) resmi membuka pendaftaran calon praja/taruna/mahasiswa sekolah kedinasan tahun 2021 pada hari ini, Jumat, 9 April 2021. Para peserta dapat mengakses kanal resmi pendaftaran melalui situs dikdin.bkn.go.id.

Lewat postingan di akun Instagram resmi mereka, KemenpanRB menyatakan bahwa periode pendaftaran sekolah kedinasan diselenggarakan secara daring alias online dan akan berlangsung mulai 9 April 2021 hingga 30 April 2021 mendatang.

"Sahabat Muda, pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 telah dibuka! Saatnya untuk mendaftarkan diri di sekolah favoritmu melalui dikdin.bkn.go.id. Cermati dan persiapkan dengan baik setiap persyaratannya!," tulis akun Instagram resmi @kemenpanrb, dikutip Tagar pada Jumat, 9 April 2021.

KemenpanRB menjelaskan bahwa ada delapan instansi kedinasan yang akan dibuka untuk para calon pendaftar, yakni sekolah kedinasan untuk Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, dan Badan Intelijen Negara.

Serta sekolah kedinasan untuk Badan Siber dan Sandi Negara, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, dan Kementerian Dalam Negeri.

Calon pendaftar hanya diberikan kesempatan untuk memilih satu sekolah kedinasan dan mendaftar. Nantinya, calon siswa diharuskan melakukan seleksi sesuai syarat dan ketentuan tiap instansi terkait dengan jujur dan adil.

Mengutip informasi di laman dikdin.bkn.go.id, para calon siswa harus mengikuti alur dan tata cara pendaftaran sekolah kedinasan 2021. Berikut rangkumannya:

  1. Pelamar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id
  2. Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun
  3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkanalur
  4. Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas dan melengkapi biodata
  5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran
  6. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk
  7. Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi
  8. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi)
  9. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait
  10. Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem
  11. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi
  12. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.
Berita terkait
April Bersiaplah! 264 Formasi CPNS Kabupaten Agam Tahun 2021
Kabupaten Agam kembali mengajukan penambahan 264 formasi CPNS Tahun 2021. Pengadaan CPNS diprediksi dimulai April mendatang. Ini penjelasannya.
Cek Lokasi Pembagian SK CPNS Kemenag Aceh
Kemenag Provinsi Aceh akan melakukan pembagian Surat Keputusan (SK) bagi 237 CPNS formasi tahun 2019.
Dua Lowongan Kerja Terbuka Bagi PNS di Sekretariat Kabinet
Sekretariat Kabinet (Setkab) buka seleksi terbuka bagi PNS pengisian jabatan Deputi Polhukam dan Staf Ahli Reformasi Birokrasi
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.