Tarif KA Bandara YIA Gratis sampai 16 September 2021

KA Bandara YIA mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan karena YIA sudah terintegrasi dengan jalur Kereta Api.
KA Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). (Foto: Tagar/BKIP Kemenhub)

Jakarta - Setelah dilakukan softlaunching pada 27 Agustus 2021, masyarakat kini sudah dapat menggunakan Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dengan tarif Rp 0 Mulai hari ini, Rabu 1 September 2021. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan layanan gratis tersebut diberikan selama masa sosialisasi KA Bandara YIA dan berlaku hingga 16 September 2021. 

“Pemberlakuan tarif Rp 0 berlaku pada periode 1-16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” ujar Joni dalam siaran pers, Rabu, 1 September 2021.

Joni menjelaskan, masyarakat bisa mendapatkan tiket KA Bandara YIA di loket stasiun lintas Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Namun, KAI hanya menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas untuk tetap menerapkan physical distancing,

Sesuai SE Kemenhub No 58/2021 di masa PPKM, KA Bandara YIA hanya diperuntukkan bagi pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal karena termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan. 

"Pada saat boarding, pelanggan diharuskan menujukkan STRP atau Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Tugas dari pimpinan perusahaan," kata Joni.



Pemberlakuan tarif Rp 0 berlaku pada periode 1-16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat.



Pelanggan KA Bandara YIA tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen tapi akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun. 

“Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara Internasional Yogyakarta untuk menjaga keamanan bersama,” ujar Joni. 

KA Bandara Internasional Yogyakarta menempuh jarak 40,2 km dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta. Dengan menggunakan KA Bandara Internasional Yogyakarta, waktu perjalanan dapat dipotong dari 1,5 jam menjadi hanya 39 menit saja. 

Moda transportasi ini akan mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan karena Bandara Internasional Yogyakarta saat ini sudah terintegrasi dengan jalur Kereta Api. []


Baca Juga:

Kereta Api Bandara Yogyakarta Siap Layani Penumpang

Banjir Jakarta, Rute KA Bandara Soetta Direkayasa

Dirut PT KAI Puji Peron KA Bandara Solo Balapan

KAI Yogyakarta Operasionalkan KA Bandara










Berita terkait
PT KAI Gratiskan Biaya Angkutan dan Tabung Oksigen Covid-19
PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendukung penuh distribusi oksigen bagi rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19.
Menhub Minta PT KAI Lakukan Tes Acak di Stasiun Utama KRL
Menhub Budi Karya Sumadi minta PT KAI lakukan tes secara acak (random test) Covid-19 kepada penumpang KRL Jabodetabek
Warga Jogja Tolak Pengosongan Rumah Dinas PT KAI di Tanah SG
Warga Kota Yogyakarta menolak pengosongan rumah dinas PT KAI yang berdiri di atas tanah Sultan Ground. Begini alasannya.
0
Tarif KA Bandara YIA Gratis sampai 16 September 2021
KA Bandara YIA mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan karena YIA sudah terintegrasi dengan jalur Kereta Api.