Tanda-tanda Imunitas Tubuh Menurun

Saat sistem imun tubuh lemah atau menurun, akan timbul manifestasi fisik dan psikis. Bagai mana cara mengetahui imunitas tubuh sedang menurun?
Ilustrasi imunitas tubuh - (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Menjaga imunitas tubuh dipercaya dapat menghindarkan kita dari paparan Covid-19. Lantas bagaimana seseorang dapat mengetahui sistem imunnya sedang tidak baik-baik saja?

Saat sistem imun tubuh lemah atau menurun, akan timbul manifestasi fisik dan psikis. Berikut tanda tanda atau peringatan dini saat sistem imun tubuh tengan menurun yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Pilek

Sebagian orang mungkin menyebut ini sebagai masuk angin atau selesma. Namun dokter dan ahli imunologi integratif, Heather Moday mengatakan ini bisa jadi tanda penurunan kekebalan tubuh.

CDC menyebut, suatu hal yang normal jika seseorang mengalami 2-3 kali sakit pilek per tahun. Kebanyakan bisa kembali pulih dalam 7-10 hari. Namun jika Anda perlu waktu lebih lama untuk pulih, berarti sistem kekebalan sedang berjuang untuk mengimbanginya.


2. Kelelahan

Sebagian orang memang susah untuk beranjak dari kasur gara-gara rasa malas. Hanya saja, Anda patut curiga jika untuk beberapa lama Anda susah untuk bangun atau terjaga sepanjang hari.

Ini jadi salah satu tanda sistem imun sedang terganggu. Sebagaimana dilansir Insider, ada hubungan timbal balik antara tidur dan sistem imun. Sakit atau infeksi akan berdampak buruk pada tidur, sementara tidur cukup berfungsi untuk menguatkan sistem imun.


3. Masalah Pencernaan

Selama ini mungkin Anda merasa makanan yang dikonsumsi sesuai kebutuhan nutrisi. Namun ada kalanya timbul masalah pencernaan seperti, diare, kembung, kram atau konstipasi.

Hati-hati, ini bisa jadi tanda sistem imun sedang lemah. Perlu diketahui, sebanyak 70 persen jaringan sistem imun tubuh berada di usus. Saat terjadi masalah pencernaan, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi sistem imun Anda.


4. Timbul Masalah Kulit

Sebuah riset terbaru telah menyoroti bahwa sistem kekebalan mempengaruhi jenis mikroorganisme yang hidup di kulit dan mempengaruhi risiko penyakit.

Saat sistem kekebalan tubuh melemah, timbul masalah pada kulit seperti, eksim, reaksi alergi, penyembuhan luka yang lambat, infeksi bakteri, jamur atau virus.


5. Nyeri Sendi

Sistem imun lemah bisa ditandai dengan nyeri sendi berulang. Menurut Health Shots, saat sistem kekebalan lemah dalam waktu lama, akan timbul vaskulitis atau peradangan pada pembuluh darah karena gangguan autoimun atau infeksi.

Selain itu, Anda bisa mengalami sendi bengkak, kaki juga sering nyeri karena peradangan lapisan sendi. []

Baca Juga: Imunitas Tubuh Kuat Virus dan Bakteri Tidak Punya Kesempatan

Berita terkait
5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Tangkal Covid-19
Menginkatkan imunitas tubuh di masa pandemi menjadi keharusan sebagai salah satu upaya menangkal paparan virus Covid-19.
6 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Imun Tubuh
Pada masa pandemi Corona konsumsi makanan sehat sangat penting. Namun pastikan makanan tersebut tidak menurunkan imunitas tubuh.
5 Jenis Rempah Mujarab yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi rempah-rempah., banyak mengandung manfaat.
0
Tanda-tanda Imunitas Tubuh Menurun
Saat sistem imun tubuh lemah atau menurun, akan timbul manifestasi fisik dan psikis. Bagai mana cara mengetahui imunitas tubuh sedang menurun?