UNTUK INDONESIA
Tak Mampu Matikan AZ, Gattuso Kecewa dengan Napoli
Napoli gagal mengulang sukses kemenangan besar atas Atalanta saat melawan AZ di pertandingan Liga Europa. Menguasai permainan, Napoli malah kalah.
Napoli mengalami kekalahan 1-0 dari AZ di pertandingan Liga Europa di Stadion San Paolo, Jumat, 23 Oktober 2020 dini hari WIB. Tampak striker Dries Mertens mengumpan bola di pertandingan itu. (Foto: Tagar/Twitter/en_sscnapoli)

Jakarta - Napoli gagal mengulang sukses kemenangan besar atas Atalanta saat menghadapi AZ di pertandingan Liga Europa. Tampil di kandang sendiri di Stadion San Paolo, Jumat, 23 Oktober 2020 dini hari WIB, Napoli dipaksa menyerah 1-0. Kekalahan itu membuat pelatih Gennaro Gattuso kecewa karena tim mendominasi permainan tetapi tidak ada gol yang tercipta. 

Napoli tampil luar biasa saat menghajar Atalanta 4-1. Namun penampilan The Partenopei langsung anjlok saat menjamu AZ. Meski sepenuhnya mendominasi, namun mereka benar-benar mandul. 

Tidak ada serangan dari Napoli yang membahayakan pertahanan AZ. Bahkan Gattuso menilai tim lawan tak bekerja keras menahan serangan Napoli.

Mereka memang kehilangan sejumlah pemain karena Covid-19. Tetapi itu justru memotivasi mereka. Saya tak pernah menyaksikan tim dengan determinasi tinggi saat bertahan

"Kami seharusnya tidak kalah bila bermain seperti itu. Penguasaan bola sangat bagus tetapi tidak bermanfaat bila tim mandul. Kami seperti membuat lawan senang dan bukan mematikannya," ujar Gattuso.

Gattuso kecewa karena penampilan tim justru menurun di babak ke-2. Dia juga menilai pemain sepertinya terlena setelah meraih kemenangan gemilang atas Atalanta.

"Permainan kami lebih baik di babak pertama. Namun setelah jeda umpan-umpan kami justru bisa ditebak. Tidak ada umpan yang bisa untuk menyerang. Kami harus lebih agresif dan lapar. Ini yang tidak ada di pertandingan ini," kata eks pelatih AC Milan ini. 

"Ini sepertinya memang tidak mudah. Kami tidak akan mengulangi kesalahan seperti itu lagi. Barangkali kami terlena dengan pujian atas kemenangan gemilang melawan Atalanta," ujarnya. 

Di pertandingan itu, penampilan Napoli sesungguhnya tidak mengecewakan. Mereka unggul dalam penguasaan bola. Hanya, Dries Mertens dkk kesulitan menghadapi permainan efektif AZ. 

Pertahanan AZ Sulitkan Napoli

Soliditas pertahanan klub Eredivisie Belanda ini mampu menyulitkan serangan Napoli. Bahkan tim tamu sukses memanfaatkan kelengahan Napoli. 

Gelandang Dani de Wit berhasil memecah kebuntuan. Dia menyelesaikan assist dari Jonas Svensson untuk menjebol gawang tuan rumah di menit 57. 

"AZ seperti mendapatkan motivasi tambahan. Mereka memang kehilangan sejumlah pemain karena Covid-19. Tetapi itu justru memotivasi mereka. Saya tak pernah menyaksikan tim dengan determinasi tinggi saat bertahan," kata Gattuso lagi.

Baca juga: 

Ditolak Roma dan Juve, Milik Ingin Tetap di Napoli

Roma Tak Lepas Under, Napoli Turunkan Harga Milik

"Kami membiarkan mereka melepaskan satu tendangan ke gawang dan itu sudah bisa menghasilkan gol," ucap dia mengakhiri. 

Usai melawan AZ, mereka melakoni laga tandang melawan Benevento, 25 Oktober 2020. Selanjutnya, Napoli kembali berlaga di Liga Europa menghadapi Real Sociedad. [] 

Berita terkait
Napoli Hajar Atalanta 4 Gol, AC Milan Diuntungkan
Napoli menang besar usai menghajar Atalanta di Serie A Italia. Kekalahan itu membuat Atalanta kehilangan tahta klasemen yang direbut AC Milan.
Tinggalkan Napoli, Milik Bakal Jadi Milik AS Roma
Sempat ditolak, striker Napoli Arkadiusz Milik kemungkinan besar direkrut AS Roma. Klub itu sudah sepakat dengan Milik dan menggantikan Edin Dzeko.
Diminati Napoli, Ciro Immobile: Lazio Selamanya
Striker Lazio Ciro Immobile tak tertarik dengan tawaran pindah ke klub lain. Dia menyatakan komitmen tetap Lazio selamanya atau sampai pensiun.
0
Tak Mampu Matikan AZ, Gattuso Kecewa dengan Napoli
Napoli gagal mengulang sukses kemenangan besar atas Atalanta saat melawan AZ di pertandingan Liga Europa. Menguasai permainan, Napoli malah kalah.