Jakarta - Pengamat transportasi Universitas Soegijapranata, Djoko Setijowarno mendorong pemberlakuan transaksi tanpa kartu atau nirsentuh di gerbang atau akses ruas jalan tol. Pemberlakuan tersebut memungkinkan orang membayar tol tanpa berhenti.

Jika hal itu dijalankan beban kepadatan kendaraan lalu lintas di tol bisa dihilangkan. Caranya, gerbang tol perlu dihilangkan dan manajemen dibenahi,

"Ketersendatan di ruas tol diakibatkan masih beroperasinya gerbang tol," kata Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulis, Sabtu 15 Juni 2019, dilansir dari Antara.

Menurut dia, ketersendatan di ruas tol lebih mudah dikendalikan daripada di jalan non tol. Kebijakan one way (satu arah) atau contra flow (lawan arah) juga ikut mendukung kelancaran tol sesuai kebutuhan situasional.

MLFF

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan transaksi tol "multi lane free flow" (MLFF) atau nirsentuh berlaku pada tahun 2020. Kebijakan ini untuk mendukung kelancaran lalu lintas di berbagai ruas jalan tol.

"Dengan penggunaan MLFF, manfaatnya sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik. Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan meminimalkan bahan bakar kendaraan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sekedar informasi, MLFF atau nirsentuh adalah sistem yang memungkinkan pengguna tol tidak perlu menghentikan kendaraannya saat membayar akses tol. Cara membayar dengan menggunakan mekanisme di dalam mobil sehingga sistem bisa mengenali kendaraan yang lewat dan beban tarif ditanggung pengguna tol.

Pemerintah dan Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan telah menyepakati transaksi jalan tol secara elektronik. Pemberlakuannya akan dioperasionalkan oleh pihak pengelola jalan tol.

Berikut ini empat tahapan untuk menuju Multi Lane Free Flow, yaitu 

1. Pemberlakukan transaksi nontunai 100 persen (telah dilaksanakan).

2. Integrasi ruas tol (telah dilaksanakan). 

3. Feasibility study MLFF dan uji coba teknologi nirsentuh melalui Single Lane Free Flow (SLFF), yang akan dilakukan tahun ini.

4. Pemberlakuan MLFF akan dilaksanakan tahun 2020. []

Baca juga: