Jakarta -  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membagikan foto mengenai kondisi Waduk Pluit yang kian memprihatinkan. Hal itu disampaikan Susi melalui media sosial Twitter pribadinya, Senin, 10 Juni 2019.

Unggahan foto tersebut menunjukkan kondisi Waduk Pluit yang berada di Jakarta Utara itu kembali kotor. Menurut informasi dari berbagai sumber waduk tersebut juga terlihat kumuh yang telah mengeluarkan bau busuk. 

Selain itu, permukaan air telah menyurut, endapan lumpur yang membentuk pulau-pulau kecil di tengah-tengah waduk bermunculan yang ditutupi tumpukan sampah yang menebarkan bau busuk.

Saat menjabat wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno pernah berucap janji untuk membersihkan waduk-waduk di Jakarta kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Janji itu diungkapkannya untuk memenuhi syarat kekalahannya dalam perlombaan berenang di kegiatan Festival Danau Sunter yang berlangsung di Jakarta, Minggu, 25 Februari 2018. Pada lomba berenang itu, Susi pemenangnya.

"Nanti waduk-waduk yang lain dibersihkan juga supaya kita punya tempat-tempat untuk masyarakat," kata Sandiaga.

Setelah melihat kondisi Waduk Pluit yang kian memprihatinkan itu, Susi mengingat janji mantan wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno lewat akun Twitter-nya: @susipudjiastuti yang mengatakan.

"Kawan-kawan semua, berita diatas saya retweet untuk megingatkan janji lomba saya dengan Pak sandi uno. Saya mau lomba dengan janji pemda propinsi. Jakarta akan bersihkan waduk-waduk di Jakarta. Saya senang waduk sunter dibersihkan & bersih. Tentunya anda semua juga senang kalau  waduk-waduk lainnya juga bersih," cuit Susi Pudjiastuti, Senin 10 Juni 2019.

SusiTwitter/susipudjiastuti

Cuitan tersebut menuai banyak reaksi dari netizen, ada yang saling menghujat hingga membanding-bandingkan kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Gabener @aniesbaswedan lagi sibuk utak-atik anggaran bu buat bagi2 ke pendukungnya waktu pilgub kemarin..harap maklum bu @susipudjiastuti ... paling juga diketawain sama pak @basuki_btp ..ternyata cuma segitu aza kelas gabener DKI Jakarta," komentar netizen pemilik akun @IndoPluralitas.

Tidak hanya memuji kinerja Ahok, sebagian netizen juga menyalahkan kinerjanya.

"Bukti terbaru betapa busuknya warisan Ahok. Ga jelas dia mau bikin apa dulu soal waduk pluit ini. Kebanyakan belain cukong reklamasi sampe ga ninggalin sistem pemeliharaan waduk pluit yg berkelanjutan. Anies lagi2 kena getah kebusukan Ahok," tulis kafiradikal.

Melihat kondisi itu, Susi mencoba melerai melalui beberapa cuitan kembali. Ia mengingatkan janji lombanya dengan mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu tidak bermaksud untuk membuat polemik yang menyentuh politik. Tapi, ia hanya ingin itu dilaksanakan.

"Jadi tidak ada maksud untuk membuka polemik apalagi masalah politik. Saya lomba di danau sunter, danau sunternya dibersihkan.  Jadi cantik dan nyaman. Janji yang lain akan dibersihkan. Ya saya ingin itu dilaksanakan. So stop berantem dan menghujat," cuit Susi.

Baca juga: