Survei Sahabat Ganjar: Elektabilitas Ridwan Kamil 24 Persen

Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi kedua dengan elektabilitas mencapai 24 persen.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.(Foto:Tagar/Ayo Semarang)

Jakarta - Sekelompok masyarakat yang menamakan diri Sahabat Ganjar menggelar menggelar deklarasi sekaligus merilis survei terbaru calon Presiden 2024 di Yogyakarta, Minggu, 20 Juni 2021. 

Hasilnya, Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tembus 63 persen.

Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani, mengatakan kandidat lain yang juga disurvei adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kang Emil, sapaan akrabnya, berada di posisi kedua dengan elektabilitas mencapai 24 persen. 


Penelitian dilakukan dengan cara hybrid, menggabungkan cara offline dan online.


Di urutan ketiga adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dipilih oleh 13 persen responden.

"Hasil survei yang dilakukan oleh Sahabat Ganjar dilakukan dalam rentang waktu selama dua minggu di akhir Mei 2021," kata Lenny.

Adapun lokasi survei dilakukan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Bali. Sementara, jumlah responden 2 ribu orang, berusia 18–40 tahun dengan margin of error sebesar 2,7 persen.

"Penelitian dilakukan dengan cara hybrid, menggabungkan cara offline dan online," ujarnya.

Lenny juga membeberkan sejumlah dobrakan Ganjar dalam kapasitasnya sebagai gubernur Jawa Tengah. 

Hal-hal tersebut diduga turut mendongkrak elektabilitasnya dibanding tokoh-tokoh lain. 

Di antaranya adalah promosi 100 jenis UMKM Jawa Tengah dengan hestek #LapakGanjar di akun Instagram-nya @ganjar_pranowo dengan 3.520.662 followers.

Baca Juga: Menkes Minta Ganjar Pranowo Dampingi Bupati Kudus Tangani Covid

Berita terkait
Polemik PPN Sembako, Ganjar Beri Saran ke Kemenkeu dan DPR
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan saran kepada Kemenkeu dan DPR untuk memberikan penjelasan terkait rencana penerapan PPN sembako.
Karakter Ganjar Pranowo Sebagai Kandidat Pilihan Capres 2024
Kesuksesan Ganjar Pranowo dalam mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah membuat namanya semakin naik bahkan disebut sebagai calon presiden.
Ganjar Pranowo Pantau Langsung Sentra Vaksinasi Gradhika
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung Sentra Vaksinasi Gradhika yang dibuka mulai Selasa, 8 Juni hingga akhir Desember 2021.
0
Survei Sahabat Ganjar: Elektabilitas Ridwan Kamil 24 Persen
Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi kedua dengan elektabilitas mencapai 24 persen.