Sungai di Aceh Singkil Meluap, 5 Desa Terendam

Sejumlah desa di kabupaten tersebut dilanda banjir pada Rabu, 4 Oktober 2020.
sejumlah desa di kabupaten tersebut dilanda banjir pada Rabu, 4 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok BPBA)

Banda Aceh – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Singkil, Aceh sejak dua hari terakhir menyebabkan sejumlah desa di kabupaten tersebut dilanda banjir pada Rabu, 4 Oktober 2020.

Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat, banjir merendam sedikitnya 5 desa di kabupetan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi mengatakan, adapun desa-desa yang terkena banjir adalah Desa Ujong Limus, Silatong, Lae Riman, Tanjung mas, dan Cibubukan. 5 desa ini berada dalam kecamatan Simpang Kanan.

“Banjir ini akibat tingginya curah hujan sehingga meluapnya sungai Lae Cinendang,” ujar Sunawardi dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu, 4 Oktober 2020.

Banjir ini akibat tingginya curah hujan sehingga meluapnya sungai Lae Cinendang.

Akibat banjir tersebut, sambung Sunawardi, selain merendam rumah warga, juga menyebabkan jalan nasional Singkil-Subulussalam tak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

“Jalan Nasional Singkil-Subulussalam masih terendam, sehingga kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak bisa melintas,” ucap Sunawardi.

Baca lainnya: 

Ia menyebutkan, korban yang terdampak banjir tersebut masih dalam pendataan petugas. Sebagian masyarakat Desa Ujung Limus saat ini sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“BPBD Kabupaten Aceh Singkil beserta anggota petugas pemadam kebakaran Kecamatan Simpang Kanan turun ke lokasi dan melakukan koordinasi serta membuat laporan. Saat ini banjir sedang berlangsung,” katanya. []

Berita terkait
Seks Bebas Penyebab Warga Aceh Tamiang Terjangkit HIV
Salah satu penyebab banyaknya warga Aceh Tamiang terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV) akibat seks bebas.
Jubir Covid-19 Aceh: Masih Banyak Warga Belum Yakin Corona
Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh mengatakan masih banyak kalangan di Aceh yang belum benar-benar yakin adanya virus corona.
NU dan IKAT Abdya Aceh Serukan Boikot Produk Prancis
Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengajak masyarakat untuk memboikot produk dari Prancis.
0
MAKI Daftarkan Uji Materi soal TWK Pegawai KPK ke MK
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia mengajukan uji materi soal tes wawasan kebangsaan pegawai KPK ke Mahkamah Agung yang saat ini menjadi polemik.