Studi: Sebagian Orang Tak Mau Posting Foto Tanpa Filter

Seperlima mengatakan, mereka tidak mau memposting foto di medsos tanpa pengeditan yang menghilangkan kerutan, bintik-bintik, dan stretch mark.
Ilustrasi - Aplikasi TikTok. (Foto: Tagar/Teknologi)

Jakarta - Perusahaan kosmetik asal Inggris Uvence melakukan survei kepada 2.069 responden mengenai pendapat mereka tentang filter di media sosial.

Seperlima mengatakan, mereka tidak mau memposting foto di medsos tanpa pengeditan yang menghilangkan kerutan, bintik-bintik, dan stretch mark.

Sementara itu, 37 % mengatakan mereka lebih menyukai wajah yang difilter daripada wajah asli mereka.

Studi ini dilakukan setelah Norwegia mengumumkan undang-undang yang akan melarang influencer memposting foto yang dimodifikasi tanpa menyatakan apa yang telah mereka lakukan.


Sangat mudah bagi kita untuk termakan oleh konten medsos, apakah itu melalui filter atau dengan membandingkan diri kita dengan orang lain.


Ahli bedah kosmetik Dr Olivier Amar sekaligus Head Marketing mengatakan, sejak awal pandemi, praktisi dan ahli bedah di industri kosmetik telah melihat adanya lonjakan permintaan untuk perawatan pasien.

"Peningkatan minat ini berasal dari pasien yang sudah ada serta individu yang sebelumnya tidak pernah mempertimbangkan prosedur kosmetik sebelumnya. Dalam konsultasi dengan pasien, salah satu prioritas utama saya adalah memastikan bahwa mereka mencari perawatan untuk alasan yang tepat," katanya seperti diberitakan Daily Mail.

"Sangat mudah bagi kita untuk termakan oleh konten medsos, apakah itu melalui filter atau dengan membandingkan diri kita dengan orang lain, sehingga mendorong untuk memutuskan apakah perlu melakukan operasi," sambungnya. 

Filter kecantikan adalah alat pengeditan foto otomatis yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi fitur wajah dan menyesuaikannya dengan apa yang menurut pembuatnya ideal.

Penggunaan filter ini sangat populer di kalangan jutaan pengguna Instagram, TikTok, Snapchat dan medsos lainnya. Sebagi kalangan mengecam hal ini karena dinilai telah merusak kepercayaan diri anak-anak muda. []

Baca Juga: Ziga Magnolya Waspadai Perihal Close Friend Instagram

Berita terkait
Senjata Baru Instagram Saingi Aplikasi 'Sejuta Umat' TikTok
Fitur yang diciptakan untuk menjadi senjata Intstagram menangkal kepopuleran TikTok kini terus menerima update.
Britney Spears Posting Pose Topless di Instagram
Di tengah pertempuran konservatori di pengadilan dengan ayahnya, penyanyi itu memposting foto topless di Instagram pribadinya
Ini yang Dirasakan Ernest Prakasa Saat Tak Main Instagram
Komedian Ernest Prakasa akhirnya kembali lagi menggunakan salah satu media sosialnya Instagram yang sebelumnya sempat ia tutup sementara.
0
Korea Selatan Berjanji Kerja Sama Dengan ASEAN Lawan Covid-19
Korea Selatan menjanjikan kerja sama dengan ASEAN dalam perjuangan melawan pandemi Covid-19 yang merebak di ASEAN