UNTUK INDONESIA
Stok Logistik Dapur Umum di Tangerang Menipis
Dapur umum yang melayani korban banjir di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten, mulai kekurangan logistik
Dapur umum di Periuk, Kota Tangerang, Banten. (Foto: Tagar/Mauladi Fachrian).

Tangerang - Menjelang penghujung bulan Februari 2020, Kota Tangerang, Banten, masih dilanda banjir yang berkelanjutan. Kecamatan Periuk bisa dikatakan wilayah terparah yang terdampak banjir. Hingga kini, ketinggian air masih menggenang di angka 40-120 cm.

Untuk warga komplek Garden City (RW 21, 22 dan 25), ini sudah kali kelima wilayahnya dilanda banjir. Hujan yang deras dan terus mengguyur menyebabkan luapan pada kali ledug, sehingga pompa air terendam dan belum bisa dibuka karena air cirarab lebih tinggi. Sementara saat ini hanya mengandalkan pintu lima di Situbulakan.

Sejumlah warga yang terdampak banjir terpaksa masih mengungsi di beberapa titik pengungsian terdekat maupun di rumah saudara atau tetangga yang tidak mengalami banjir.

Atas kondisi tersebut, tentunya dapur umum terus bergerak untuk memenuhi kebutuhan pangan warga yang terdampak banjir. Di Balai Warga RW 13 sudah membuka posko banjir jilid ke-empat dan sudah berlangsung hingga empat hari.

periuk2Dapur umum di RW 13, Periuk, Kota Tangerang, Banten (Foto: Tagar/Mauladi Fachrian)

Kondisi dapur umum di RW 13 saat ini hampir kehabisan logistik. Bahan-bahan makanan seperti beras, telur, sayur-mayur, minyak sayur dan air mineral tampak sudah menipis stoknya. "Stok bahan makanan wajib di posko kami sudah menipis dan memerlukan tambahan," Kata Moch. Naseh Zubair, lurah Gebang Raya.

Sampai kini, Dapur umum sangat membutuhkan uluran tangan para relawan agar bisa kembali memberikan donasi kepada korban banjir seperti pada awal-awal terjadinya banjir kemarin.

"Kami membutuhkan nasi bungkus sekitar 800 x 2/hari, sedangkan kekuatan memasak hanya sekitar 300 utk 2x masak, sisanya bantuan dari kecamatan maksimal 200 nasi bungkus sehingga banyak yg blm terpenuhi," ujar Sekretaris Kelurahan Gebang Raya, Jumriah.

Sampai kini, belum ada tambahan pasokan logistik lagi yang datang ke Dapur Umum di Periuk Tangerang. Relawan ataupun instansi Pemkot Tangerang masih belum terlihat untuk mengunjungi dapur umum yang berada di RW 13, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten. []

Berita terkait
Jelang HUT, Kota Tangerang Masih Dilanda Banjir
Tanggal 28 Februari 2020 Kota Tangerang, Banten, merayakan hari jadi yang ke-27. Namun, sejumlah titik langganan banjir belum juga surut
Hujan Lebat, Banjir di 13 Titik di Wilayah Tangerang
Hujan yang mengguyur seluruh wilayah Tangerang sejak semalam, mengakibatkan banjir di beberapa titik wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang
Hujan Lebat, Banjir di 13 Titik di Wilayah Tangerang
Hujan yang mengguyur seluruh wilayah Tangerang sejak semalam, mengakibatkan banjir di beberapa titik wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang
0
Perjanjian Damai Batal, AS Gempur Taliban
AS melancarkan serangan udara pertama ke milisi Taliban di Afganistan Rabu (4/3/2020). Perjanjian damai antara keduanya batal.