Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan ekspansi dan pembentukan jaringan 4 ribu restoran Indonesia di luar negeri melalui program Spice Up the World.
Dalam unggahan akun Instagramnya Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya hadir secara virtual dalam agenda Indonesia Spice Up The World, ia mengatakan 4 ribu restoran disiapkan untuk go internasional.
"4000 restoran disiapkan untuk go internasional. Jam 03.00 WIB dini hari, saya hadir secara virtual dalam agenda Indonesia Spice Up The World bersama para Konsulat Jenderal RI dan teman-teman Diaspora yang ada di Amerika Serikat," tulis Sandiaga dalam akunnya yang dilihat Sabtu, 24 Juli 2021.
Kita akan bangga melihat rendang, nasi goreng, soto serta kuliner lainnya terpampang nyata di seluruh penjuru dunia.
Ia juga mengatakan program yang melibatkan lintas kementerian da lembaga ini bertujuan untuk perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan serta rempah Indonesia.
"Mengambil peluang dan membuka lapangan kerja, 400 Restoran Indonesia akan go internasional dan Amerika menjadi salah satu pangsa terbesar kami," ujarnya.
Ia juga meminta doa kepada masyarakat indonesia, program tersebut berjalan baik, dan mengenalkan kuliner khas Indonesia yang terpampang nyata di seluruh dunia.
"Doakan semoga sukses guys! Kita akan bangga melihat rendang, nasi goreng, soto serta kuliner lainnya terpampang nyata di seluruh penjuru dunia," tulisnya.
Sandiaga juga mengatakan, program Spice Up the World merupakan sebuah bentuk diplomasi kuliner atau gastro diplomacy sebagai salah satu kekuatan diplomasi Indonesia di luar negeri.
Di bawah komando Kemenkomarves, menurut Sandi, Kemenparekraf menjadi salah satu motor dalam kolaborasi besar yang melibatkan berbagai pihak yang diistilahkan indonesia incorporated tersebut. []