Simak! 5 Hal yang Harus Dikurangi Setelah Menikah

Setelah menikah ada sejumlah hal-hal yang harus Anda kurangi, dan ada pula hal-hal yang harus Anda pelajari untuk menjaga hubungan tetap harmonis.
Ilustrasi - Setelah menikah ada hal-hal yang harus anda kurangi. (Foto: Tagar/Instagram/anisaeftr)

Jakarta - Bagi sebagian orang hidup sendiri lebih menyenangkan tanpa memikirkan risiko apa pun. Namun, bagi sebagian yang lainnya menghabiskan waktu bersama pasangan setelah menikah lebih mengasyikan meski memiliki risiko.

Sebagian dari mereka mengetahui hal-hal yang harus dilakukan setelah menikah, dan ada juga yang tidak mengetahui apa yang harus dilakukan setelah menikah.

Maka, dari itu, tak sedikit pula perceraian yang terjadi meski didasari rasa cinta, karena mereka tidak semua mengetahui batasannya, hal-hal yang harus dikurangi, bahkan masih menyimpan sisa-sisa rasa egois.

Setelah Anda memutuskan untuk menikah, berarti Anda juga sudah siap untuk semua risiko yang akan Anda dapatkan, berbagai penyesuaian tentu Anda lakukan untuk menjaga hubungan tetap baik-baik saja.

Meski begitu, Anda juga harus mengurangi rasa egois yang terlalu tinggi untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Berikut Tagar merangkum hal-hal yang harus dikurangi setelah Anda memutuskan untuk menikah.


1. Berkeluh kesah di media sosial

Pertama, Anda harus dan wajib untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan untuk curhat di sosial media. Sebab, tidak pantas rasanya jika segala hal di dalam kehidupan rumah tangga menjadi konsumsi semua orang.

Saat Anda memutuskan untuk menikah, Anda juga memutuskan untuk menjaga aib keluarga sendiri, bahkan keluarga suami. Namun, jika masalah terlalu berat carilah teman yang bisa dipercaya untuk menceritakannya.

Jangan sampai masalah tersebut berlarut-larut yang menyebabkan Anda memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan pasangan Anda. Cobalah untuk mencari solusi terlebih dahulu. 


2. Nongkrong sampai larut malam

Jika Anda terbiasa nongkrong bersama-sama teman sampai larut malam saat masih single dan lajang kebiasaan seperti itu tentu tidak apa-apa, karena Anda bebas melakukan apa pun. 

Namun, ketika Anda sudah menikah dan tinggal bersama pasangan yang Anda pilih, maka lebih baik dijauhi dan dikurangi. Karena nongkrong di luar sampai larut malam bagi seseorang yang sudah menikah bisa menimbulkan fitnah dan dampak negatif untuk hubungan.

Meski, Anda diberi izin oleh pasangan, namuan Anda jangan memanfaatkannya, karena kepercayaan mudah dicari tapi mempertahankan tentu akan lebih sulit.


3. Belanja sesuka hati 

Ada banyak sekali orang yang bersikap boros dengan dalih mengapresiasi diri. Jika Anda termasuk salah satunya maka cepatlah kurangi, tak ada yang tahu pasti kehidupan esok, lusa bahkan yang akan datang. 

Mungkin saat ini pasangan Anda berkecukupan, tapi siapa yang tahu di masa yang akan datang kehidupan Anda berbalik arah tak diinginkan. Maka, cobalah untuk menyisihkannya untuk hari esok yang tak pernah pasti. 


4. Malas bersih-bersih

Saat masih hidup sendiri, mungkin Anda bisa seenaknya menaruh barang sembarangan saat pulang kerja, atau membiarkan tempat tinggalmu berantakan ketika malas membersihkannya.

Berbeda dengan setelah menikah, Anda harus lebih memperhatikan hunian Anda bersama pasangan Anda. Bersih-bersih merupakan hal yang wajib Anda lakukan. 

Jika hunian Anda tampak bersih, bukan tidak mungkin Anda dan pangan akan betah tinggal di rumah ketimbang mencari rumah hunian baru dengan suasana baru. 


5. Terlalu friendly dan peduli ke teman lawan jenis

Jika Anda memilki sikap friendly dengan teman lawan jenis, maka kebiasaan itu pun juga baiknya dikurangi jika sudah menikah, karena hal ini akan berdampak signifikan dalam keluarga Anda.

Anda tak perlu menjauhi mereka atau berhenti berteman dengan mereka, tetapi mengurangi lebih baik dan menjaga batasan-batasan berumah tangga. 

Sikap friendly ini terkadang bisa membawa Anda ke ambang perpisahan, karena sikap ini rasa cemburu dari pasangan Anda juga akan muncul, yang merupakan benih-benih pertikaian dalam rumah tangga.

Nah, itulah hal-hal yang harus Anda kurangi setelah menikah, jangan terlalu mendominasi dan bersembunyi di balik alasan kepercayaan yang kadang menjerumuskan. []


Berita terkait
Pemerintah Rumuskan Perpres Syarat Pranikah
Pemerintah Indonesia sedang menyusun Peraturan Presiden (Perpres) untuk mengatur pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pranikah di Indonesia.
Sebelum Menikah, Lakukan 5 Tes Kesehatan Ini
Sebelum menikah pasangan sibuk mempersiapkan vendor dan hal-hal lainnya untuk resepsi pernikahan namun melupakan tes kesehatan pra nikah.
Fenomena Cinta, Takdir, dan Menikah
Menikah, perjalanan hidup fase berikutnya bagi dua orang lawan jenis yang harus dilandaskan cinta dan tidak dipengaruhi faktor eksternal lainnya.
0
Simak! 5 Hal yang Harus Dikurangi Setelah Menikah
Setelah menikah ada sejumlah hal-hal yang harus Anda kurangi, dan ada pula hal-hal yang harus Anda pelajari untuk menjaga hubungan tetap harmonis.