Sering Lapar? Berikut Makanan Sehat Penunda Lapar

Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan membuat kamu makan berlebihan yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.
Ilustrasi makanan sehat (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Makan dengan porsi yang banyak belum tentu membuat kenyang, Pemilihan makanan yang kurang tepat justru akan membuatmu seringkali merasa lapar. 

Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan membuat kamu makan berlebihan yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Mengendalikan nafsu makan yang berlebih adalah salah satu hal penting, terlebih kepada kamu yang sedang menjalani masa diet. Meski tidak ada obat untuk mengendalikannya, rupanya ada makanan sehat yang dapat menunda kamu merasa lapar. Yuk disimak penjelasannya.

1. Oatmeal

Dengan kandungan serat, protein, dan karbohidrat yang kompleks, oatmeal sangat cocok untuk kamu yang ingin menjaga perut untuk tetap kenyang dalam waktu yang lama. Sebagai gambaran, dengan secangkir kecil oatmeal mengandung 3,8 gram serat dan 5,5 gram protein. Serat ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol dan memperlambat proses pencernaan.

2. Yogurt

Karena yogurt mengandung susu, pemakan yogurt akan mendapatkan protein hewani sekitar 9 gram untuk setiap porsi 6 ons. Selain itu, nutrisi dalam yogurt cukup beragam, seperti kalsium, vitamin B-2, vitamin B-12, potassium dan magnesium.

Namun apabila kamu ingin mengontrol rasa lapar secara maksimal, cobalah mengonsumsi yogurt Yunani. Yogurt ini akan menetralkan asam lambung sehingga mampu mengurangi rasa lapar yang tak tertahan.

3. Kacang Kedelai dan Olahannya

Kacang kedelai mengandung banyak serat dan protein sehingga mampu menekan rasa lapar. Dengan proses kedua zat tersebut yang lama, membuat siapapun yang memakannya akan merasakan kenyang lebih lama. 

Jenis kacang ini mengandung omega-3, kalsium, zat besi, dan isoflavon (mengatasi kanker rahim, payudara dan prostat). Selain itu, olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga cukup ampuh menunda rasa lapar.

4. Apel

Buah apel memiliki kandungan serat yang cukup untuk memperlambat pencernaan, sehingga dapat menunda rasa lapar yang datang. Hanya dengan mengonsumsi satu buah apel, maka kamu sudah menyerap serat sebanya 4,4 gram yang hampir setara dengan 20% kebutuhan serat harian.

Karena kandungan seratnya yang tinggi tersebut, apel memiliki skor sebesar 200 dalam indeks kekenyangan makanan. Skor yang tinggi ini menandakan bahwa buah apel bisa memberikan rasa kenyang lebih baik dibandingkan sebagian makanan lain.

5. Buah Beri

Jenis-jenis buah beri yang dimaksud adalah Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry. Semua jenis buah beri tersebut mengandung mineral, berbagai vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Pada buah beri ini, terdapat kandungan serat yang dikenal sebagai petkin. Serat ini dapat memperlambat pengosongan lambung, sehingga kamu lebih merasa kenyang.

(Rafi Fairuz)


Baca Juga:

Berita terkait
Dampak Pandemi Covid-19 Ratusan Juta Kelaparan di Seluruh Dunia
PBB menyatakan kelaparan global meningkat secara dramatis tahun 2020, sebagian besar diakibatkan dampak pandemi Covid-19
Jubir: Luhut Pastikan Warga Tak Kelaparan Saat PPKM Darurat
Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan Luhut akan memastikan warta tak kelaparan saat penerapan PPKM Darurat.
Kenaikan Harga Pangan Picu Krisis Kelaparan di Seluruh Dunia
Program Pangan Dunia PBB memperingatkan jutaan orang berpotensi kekurangan makanan kaya nutrisi karena kenaikan harga pangan
0
Sering Lapar? Berikut Makanan Sehat Penunda Lapar
Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan membuat kamu makan berlebihan yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.