UNTUK INDONESIA
Sekolah di Tangerang Input Data Internet Gratis Kemendikbud
Kemendikbud berencana memberikan kuota internet gratis untuk mendukung PJJ selama 4 bulan ke depan.
Ilustrasi belajar daring. (Foto: Antara/Arnas Padda)

Tangerang -  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana akan memberikan subsidi kuota Internet bagi siswa sekaligus tenaga pengajar (guru) selama bulan September, Oktober, November dan Desember untuk mendukung sistem belajar Online atau Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

Alhamdulillah, semoga program bantuan kuota segera terwujud.

Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Kota Tangerang Taani mengatakan, tim operator sekolah sedang melakukan penginputan data seluruh siswa dari kelas VII sampai kelas IX (kelas 1 sampai dengan kelas 3 SMP) sebanyak 27 kelas.

"Alhamdulillah, semoga program bantuan kuota segera terwujud. Diharapkan setelah entry data, dapodik bisa sinkron, bantuan kuota bisa segera terealisasi," ujar Taani saat kepada Tagar di ruang Tata Usaha SMP 1 Kota Tangerang, Jumat, 4 September 2020.

Adapun batas waktu entry data yang ditentukan oleh Kemendikbud yakni pada tanggal 11 September 2020 atau pekan depan.

"Kita sedang berproses, dan saat ini hanya tinggal menginput nomor handphone (HP) siswa dan guru saja," kata Taani.

Bantuan kuota ini, kata Taani, bisa dimanfaatkan secara optimal oleh para siswa dan guru. Guru bisa melakukan PJJ dengan baik, memberikan respons dan pelayanan yang baik. Dengan begitu, siswa bisa melakukan kegiatan belajar dengan baik.

"Kuota tersebut digunakan hanya semata utk menunjang kegiatan belajarnya," ujarnya.

Selain dari Kemendikbud, bantuan kuota internet lainnya untuk sekolah-sekolah di Kota Tangerang juga datang dari Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Banten. Terdapat 1000 kuota penerima untuk seluruh sekolah yang ada di Banten.

Salah satu sekolah SMK swasta yakni PGRI 2 Kota Tangerang mendapatkan kuota sebanyak 20 orang. Menurut operator sekolah, Setyawan, bantuan tersebut dikhususkan siswa yang kurang mampu.

"Sedang tahap seleksi. Karena kuotanya hanya 20 siswa, maka kita lakukan seleksi secara detail agar tidak salah sasaran," ujarnya di gedung sekolah SMK PGRI 2 Cikokol, Kota Tangerang. []

Berita terkait
Kota Tangerang Zona Merah, Pengamat Sarankan Lockdown
Kota Tangerang mengalami status zona merah penyebaran Covid-19. Pengamat kebijakan publik sarankan untuk melakukan lockdown lokal.
Konsep Tematik KKL Mahasiswa Stisip Yuppentek Tangerang
KKL mahasiswa Stisip Yuppentek Tangerang berkaitan dengan upaya Pemkot Tangerang dalam memerangi Covid–19.
Pemkot Tangerang: Modal untuk 10 Ribu Pengusaha UMKM
Pemkot Tangerang memberikan modal usaha untuk 10 ribu pengusaha UMKM dengan program bernama Tangerang BISA.
0
Menko Luhut Targetkan 600 Hektare Mangrove dalam 4 Tahun
Menko Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan menargetkan penanaman mangrove seluas 600 hektare dalam 4 tahun kedepan.