Indonesia
Satu Jemaah Haji Jatim Meninggal Dunia di Madinah
salah satu Jemaah Calon Haji (JCH) asal embarkasi Surabaya meninggal dunia di Madinah. Ini penyebabnya.
Jemaah Haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. (Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Surabaya - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyampaikan ada satu jemaah calon haji (JCH) asal Pacitan, Jawa Timur (Jatim) atas nama Soeratno G Wijo,73 tahun meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Jamal membenarkan adanya JCH Embarkasi Surabaya yang meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi. Soeratno sendiri merupakan JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4 Embarkasi Surabaya.

"Jemaah haji asal Pacitan kloter 4 Embarkasi Surabaya meninggal dunia kemarin (Senin) di Madinah dan dimakamkan di sana," ungkap Jamal, Selasa 16 Juli 2019.

Penyebab wafatnya Soeratno dikarenakan penyakit Gastritis atau penyakit lambung dan dehidrasi akut.

Soeratno, kata Jamal dinyatakan meninggal dunia pada pukul 10.26 waktu Arab Saudi (WAS). "Dehidrasi akut dan sakit lambung,” ujarnya.

Nantinya keluarga Soeratno akan mendapatkan dana asuransi haji dari Kementerian Agama (Kemenag). Meski demikian, untuk besarannya, Jamal belum bisa menyebutkan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kabupaten Pacitan, Agus Hadi Prabowo menyebutkan, berdasarkan data dokter, Soeratno mengalami peradangan abdomen akut dan sempat dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah sejak Minggu, 15 Juli 2019.

"Cuaca ekstrem memperberat kondisi Soeratno, akibatnya kekurangan cairan," beber dia.

Perawatan sebagaimana mestinya dan pengurusan administrasi dan mendapatkan Certificate of Death (Cod), almarhum kata Agus, dimakamkan di tempat pemakaman Baqi, Madinah, Arab Saudi. []

Artikel lainnya:

Berita terkait
0
Pemain Diejek Rasis Beri Kemenangan Pertama Chelsea
Pemain muda Chelsea Tammy Abraham dan Mason Mount mengantarkan tim menang 3-2 atas Norwich City di Liga Premier Inggris, Sabtu 24 Agustus 2019.