Satgas Covid-19 Minta Provinsi Evaluasi Kebijakan

Wiku Adisasmito meminta kepada seluruh provinsi untuk mengevaluasi kebijakan yang diterapkan terkait kegiatan masyarakat.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Tagar/Covid19.go.id)

Jakarta - Sebanyak enam provinsi saat ini memiliki kasus aktif tertinggi. Di antaranya Jawa Barat 29.784 kasus aktif, DKI Jakarta 11.411 kasus aktif, Jawa Tengah 10.050 kasus aktif, Papua 8.799 kasus aktif, Riau 6.291 kasus aktif, dan Kepulauan Riau 3.431 kasus aktif.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 (virus Corona) Wiku Adisasmito menekankan kepada seluruh provinsi untuk mengevaluasi kebijakan yang diterapkan terkait kegiatan masyarakat.

"Satgas meminta kepada seluruh provinsi tersebut untuk segera memperbaiki kondisi Covid-19 di wilayahnya melalui evaluasi kebijakan yang diterapkan terkait kegiatan masyarakat. Sesuaikan aturan terkait kapasitas kantor, pusat perbelanjaan, restoran dan tempat makan, tempat wisata, serta fasilitas umum lainnya yang berpotensi menjadi titik penularan covid-19,” kata Wiku dalam keterangan pers, Rabu, 23 Juni 2021.

Satgas juga meminta daerah untuk meningkatkan kualitas penanganan pasien covid-19 di fasilitas rujukan. Menurutnya dengan tingginya kasus pada saat ini, sebagaimana rekomendasi dari lima organisasi profesi kedokteran bahwa strategi yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan “early over treatment”.


Satgas meminta kepada seluruh provinsi tersebut untuk segera memperbaiki kondisi Covid-19 di wilayahnya.


"Di mana pasien rumah sakit yang sudah mengalami perbaikan gejala dapat segera dirujuk untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah, agar kapasitas rumah sakit menjadi lebih besar dan mampu menampung pasien dengan gejala sedang-berat lainnya," ujarnya

Wiku juga mengatakan, daerah dapat dilakukan konversi tempat tidur rumah sakit. Selain itu daerah juga dapat menyediakan fasilitas isolasi terpusat di masing-masing wilayah agar beban dapat terbagi dan rumah sakit tidak kewalahan menangani pasien.

"Apabila seluruh provinsi-provinsi ini mampu menurunkan penambahan kasus positif dan meningkatkan kesembuhan, maka dapat mendongkrak angka kesembuhan di tingkat nasional pula," pungkasnya. []

Baca Juga: Jubir Satgas Covid-10 Prof Wiku Adisasmito Positif Covid-19

Berita terkait
Satgas: Angka Kesembuhan Covid-19 Menurun 6,9 Persen
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan angka kesembuhan pasien Covid-19 pada pekan ini mengalami penurunan 6,9 %.
Satgas Covid-19 Amerika Ingatkan Warga Varian Baru Covid-19
Satgas Covid-19 Amerika ingatkan varian baru virus corona Delta (terdeteksi pertama di India) yang menimbulkan penyakit itu masih menjadi ancaman
Satgas Covid-19 Terus Optimalkan Fungsi Posko PPKM Mikro
Pemerintah akan fokus untuk melakukan pembenahan dalam implementasi kebijakan PPKM Mikro sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi Covid-19
0
Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa 2020, 24 Juni 2021
Pertandingan Portugal kontra Prancis akan berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria.