UNTUK INDONESIA
Sarma: Musancab PDIP Siantar Timur Sesuai Aturan
Wakil Ketua DPD PDIP Sumut menegaskan bahwa proses musancab PDIP Kecamatan Siantar Timur di Pematangsiantar sesuai mekanisme partai.
Ketua PAC PDIP Siantar Timur Baren Alijoyo Purba (tengah) saat musyawarah anak cabang, Minggu, 23 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Ist)

Pematangsiantar - Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Sarma Hutajulu menegaskan bahwa proses musyawarah anak cabang atau musancab PDIP Kecamatan Siantar Timur di Pematangsiantar pada Minggu, 23 Agustus 2020, sudah sesuai mekanisme partai.

Menurut Sarma, musancab berjalan dengan baik sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Partai Nomor 09 Tahun 2019 tentang konsolidasi partai.

"Jadi tidak benar ada kisruh karena pelaksanaan musyawarah anak cabang tersebut yang saya pimpin sendiri dan dihadiri bakal calon Wali Kota Siantar Asner Silalahi berjalan baik hingga acara pelantikan dan penutupan," terangnya, Selasa, 25 Agustus 2020.

Dikatakan, musancab dihadiri tiga dari tujuh ranting se-Kecamatan Siantar Timur dan di pertengahan musancab bertambah satu ranting. "Jadi tidak benar hanya dua ranting," tukasnya.

Dikatakannya, dalam Peraturan Partai Nomor 09 Tahun 2019 diatur soal mekanisme apabila peserta tidak memenuhi kuorum, yaitu dengan skor dua kali dan mekanisme itu sudah dilakukan dengan persetujuan peserta rapat.

Tak Ambisi

Sementara itu, Baren Alijoyo Purba selaku Ketua PAC PDIP Siantar Timur terpilih soal penolakan terhadapnya, menyebut sebaiknya hal itu ditanyakan kepada pengurus DPD PDIP Sumut.

Baren mengaku tidak mau terlalu jauh menanggapi terkait penolakan tersebut.

"Saya engak mau komentar terlalu jauh. Tanya sama DPP saja, sama Bapak Djarot. Tak usah dikomentari tak penting itu," kata Baren dicegat di gedung DPRD Kota Pematangsiantar, Selasa, 25 Agustus 2020.

Alasan menolak karena yang bersangkutan bukan merupakan warga yang berdomisili di Kecamatan Siantar Timur

Kata Baren, dirinya tidak memiliki ambisi untuk menjadi ketua PAC, hanya saja dia terpilih melalui musyawarah partai.

Sekretaris Komisi I DPRD itu pun menegaskan, penunjukan dirinya sebagai ketua PAC tidak ada masalah dan telah sesuai regulasi partai.

"Tidak ada semua itu. Saya juga tidak ada ambisi buat itu. Hanya saya ingin mengabdi. Semua sudah sesuai regulasi, jadi semua aman dan baik saja. Bisa ditanyakan kepada ketua DPC langsung," katanya.

Sementara itu, Ketua PDIP Kota Pematangsiantar, Timbul Marganda Lingga menyampaikan musancab secara sah memilih Baren Alijoyo Purba sebagai Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Siantar Timur terpilih periode 2020-2025.

Timbul menjabarkan hal itu sesuai Peraturan Partai Nomor 09 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis pelaksanaan musancab yang tidak mengatur domisili ketua PAC bersangkutan.

"Misalnya, tidak diatur untuk ketua PAC Siantar Timur, harus domisilinya dari Kecamatan Siantar Timur. Berdasarkan itu, musancab sah dalam mengambil keputusan termasuk dengan terpilihnya Baren Alijoyo Purba." terang Timbul.

Ditolak

Sebelumnya, salah seorang kader PDIP dari Kecamatan Siantar Timur, Marlon Sidabutar menolak Baren Alijoyo Purba sebagai Ketua PAC PDIP Siantar Timur karena tak memenuhi syarat administrasi, sebab bukan warga Kecamatan Siantar Timur.

"Alasan menolak karena yang bersangkutan bukan merupakan warga yang berdomisili di Kecamatan Siantar Timur. Tetapi bermukim di Kecamatan Siantar Marihat sesuai dengan KTP," kata Marlon.

Aksi penolakan itu kata Marlon, dibuktikan dengan ketidakhadiran pengurus ranting pada saat musancab yang hanya dihadiri dua pengurus ranting dari tujuh ranting yang ada di Kecamatan Siantar Timur.

"Saat musancab, hanya dihadiri dua ranting dari tujuh ranting yang ada di Kecamatan Siantar Timur. Tapi musancab tetap digelar juga. Inilah dasarnya kami menolak hasil musancab itu," kata Marlon.[]

PEN

Berita terkait
Ketua PAC Ditolak, Ini Jawaban Ketua PDIP Siantar
Tak mau tersandera, PDIP Kota Pematangsiantar tetap mengakui Baren Alijoyo Purba sebagai Ketua PAC Siantar Timur.
Kisruh PDIP Siantar, Kader Tolak Ketua PAC Terpilih
Terjadi kisruh di tubuh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pematangsiantar, Sumut.
PDIP Target Menangkan Sutina-Ado di Pilkada Mamuju
PDIP menargetkan kemenangan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sutina-Ado di Pilkada Mamuju Sulbar.
0
Hutan Bakau Lubuk Kertang di Langkat Dirusak 104 Pabrik Arang
Kelompok Tani dan Nelayan Lestari Mangrove di Langkat, Sumatera Utara, meminta petugas kepolisian menangkap pelaku pencurian kayu bakau.