UNTUK INDONESIA
Sandiaga Uno: Wakil Anies Baswedan Februari Take-off
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menginginkan betul Februari 2020 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memiliki wakil.
Sandiaga Uno memakai baju bertulisan Gerindra. (Foto: Instagram/@sandiuno)

Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sekaligus mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginginkan Jakarta bisa memiliki sosok pendamping Anies Baswedan pada awal Februari 2020. 

"Kita harapkan awal Februari segera diparipurnakan, terpilih dan langsung bisa take-off," kata Sandiaga Uno usai Rakerda Partai Gerindra di Jakarta, Minggu, 26 Januari 2020.

Mantan calon wakil presiden pada Pemilu 2019 itu juga beranggapan, warga DKI Jakarta sudah lama menanti-nanti, siapa tokoh yang bakal mengisi kekosongan kursi DKI-2. 

Sandiaga Uno berharap siapapun yang mengisi kursi wakil gubernur (wagub), nantinya bisa menjalankan tugas membangun ibu kota dengan baik. 

"(wakil gubernur) sudah ditunggu oleh warga DKI dan tugas-tugas pembangunan di ibu kota ini segera bisa dilakukan oleh wagub terpilih yang menjadi pendampingnya Pak Anies," ucapnya. 

Baca juga: Ahmad Riza Patria Cawagub Pendamping Anies

Hal senada juga dilontarkan oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra Muhammad Taufik yang turut hadir dalam Rakerda Gerindra. 

"Insya Allah minggu pertama sudah ada namanya," kata Taufik. 

Taufik melanjutkan, surat terkait cawagub DKI Jakarta telah masuk ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Kita harapkan awal Februari segera diparipurnakan, terpilih dan langsung bisa take-off

Dalam waktu dekat, kata dia, akan digelar rapat pimpinan daerah gabungan, guna membahas cawagub DKI. 

Dia menambahkan, tanggal 29 Januari 2020 baru dimulai tahapan. Setelah itu pembentukan panitia pemilihan, dan selanjutnya dilakukan paripurna pemilihan. 

Dikatakan Taufik, proses pemilihan cawagub DKI akan sesuai dengan tata tertib pemilihan yang diatur oleh Undang-undang (UU). 

Baca juga: Nurmansyah Lubis, Cawagub DKI dari PKS Pecinta Kopi

Sebelumnya, Senin 20 Januari 2020 Partai Gerindra telah mengumumkan dua calon Wakil Gubernur DKI Jakarta sebagai pengganti Sandiaga Salahuddin Uno yang mundur tahun 2018 lalu dan menyatakan kedua nama yang akan bertanding telah mendapatkan persetujuan dari partai koalisi. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menurutkan, dua nama itu berasal dari empat nama bakal cawagub yang diusulkan Partai Gerindra dan dua nama yang diusulkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang disaring menjadi satu nama dari masing-masing partai. 

Dua nama calon pembantu Gubernur DKI Anies Baswedan adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan politikus PKS Nurmansjah Lubis. []

Berita terkait
Sebentar Lagi Kursi Wagub DKI Tidak Lagi Kosong
Kursi wagub DKI Jakarta akan terisi melalui pemilihan dan penetapan oleh anggota DPRD Jakarta paling cepat pekan pertama bulan Februari 2020.
Wacana PKS Soal Perebutan Kursi Wagub DKI Jakarta
Dua Cawagub DKI Jakarta dari PKS dan Gerindra dinilai tidak perlu uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).
PKS Ogah Hadir Gerindra Umumkan Cawagub DKI, Kenapa?
Gerindra mengumumkan 2 nama Cawagub DKI Jakarta diklaim telah disepakati dengan PKS. Namun, tak satupun elite PKS datang.
0
Istana Respons Aksi Demo 212 di Jakarta
Pihak Istana menegaskan tidak melarang FPI, PA 212, dan GNPF Ulama, untuk menggelar aksi demo 212 menentang korupsi di Patung Kuda, Jakarta.