UNTUK INDONESIA
Samsung Tutup Pabrik, Bagaimana Nasib Galaxy Z Flip?
Samsung menutup sementara pabriknya yang memproduksi Samsung Galaxy Z Flip karena wabah virus corona.
Hasil tangkap layar, Head of UK Mobile Product Marketing, Rebecca Hirst, sedan mempresentasikan Galaxy Z Flip (Foto: Antara/samsung.com)

Jakarta - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan Samsung mengonfirmasi adanya satu karyawannya terinfeksi virus corona di pabriknya di sebelah tenggara kota Gumi, Korea Selatan. 

Akibatnya, Samsung menutup sementara pabriknya yang memproduksi Samsung Galaxy Z Flip itu. Wabah virus corona itu berdampak besar pada industri teknologi global.

Dikutip dari in.mashable, Senin, 24 Februari 2020, terdapat lebih dari 430 pasien virus corona di Korea Selatan. Lebih dari 220 kasus baru dilaporkan dalam 24 jam.

Hanya beberapa minggu setelah peluncuran Samsung Galaxy Z Flip, Samsung  menutup pabrik di Korea Selatan yang memproduksi smartphone itu, demikian Sammobile, Minggu, 23 Februari 2020.

Samsung Galaxy Z FlipSamsung Galaxy Z Flip. (Foto: Antara/samsung.com)

Namun, pabrik di kota Gumi, Korea Selatan, hanya membuat sebagian kecil dari produksi Samsung Galaxy Z Flip. Sebagian besar smartphone-nya diproduksi di Vietnam dan India, seperti dilansir Reuters. Di parbik itu, seorang karyawan dinyatakan positif menderita penyakit seperti pneumonia.

Virus corona baru, yang sekarang disebut COVID-19, berasal dari Wuhan, Cina, dan sejauh ini telah menewaskan lebih dari 2.000 orang dan menginfeksi lebih dari 75.000. Kasus-kasus telah dikonfirmasi di AS, Eropa, Asia, Timur Tengah, Afrika dan Australia.

Ketakutan virus corona membuat Facebook membatalkan pertemuan pemasaran Maret di San Francisco yang diperkirakan akan menarik 4.000 orang. Di Barcelona, Mobile World Conference yang dijadwalkan awal Februari juga dibatalkan.

Samsung bukan satu-satunya pembuat smartphone yang terdampak penyakit ini. Apple juga terganggu jadwal produksi iPhone murah mundur hingga Maret 2020. 

Sejatinya, iPhone harga murah akan meluncur pada Maret 2020. Untuk itu, Apple berencana mulai merakit iPhone terbaru berharga lebih murah pada Februari 2020.  

Sebelumnya, Senin (17/2/2020), Apple mengatakan tidak mungkin memenuhi perkiraan penjualan kuartal Maret 2020 karena wabah virus corona.  []

Berita terkait
Virus Corona di Pabrik Samsung Korea Selatan
Samsung mengonfirmasi adanya satu kasus yang terinfeksi virus corona di pabriknya di sebelah tenggara kota Gumi, Korea Selatan.
Apple Undur Jadwal Produksi iPhone Murah
Apple mengabarkan jadwal produksi iPhone murah mundur hingga Maret 2020. Apple tidak mungkin memenuhi perkiraan pejualan pada Maret karena corona.
Rilis MIUI 11 Xiaomi Tertunda Karena Virus Corona
Xiaomi terpaksa menunda merilis sistem operasi pembaruan MIUI 11 untuk smartphone tertentu karena dampak penyebaran virus corona.
0
Ratusan Ojol dan Debt Collector Bentrok di Sleman
Ojol dan DC bentrok di sekitar Kantor Grab Yogyakarta. Kedua belah pihak saling lempar batu.