Sadiq Khan Terpilih Kembali Sebagai Wali Kota London

Politisi Partai Buruh, Sadiq Khan, terpilih kembali sebagai Wali Kota London, dalam pemilu yang ketat, lawan kandidat Konservatif, Shaun Bailey
Sadiq Khan memberi pidato setelah dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan Wali Kota London, di Balai Kota di London, Sabtu, 8 Mei 2021. (Foto: voaindonesia.com - Justin Tallis/AFP)

London - Politisi Partai Buruh, Sadiq Khan, terpilih kembali sebagai Wali Kota London, Inggris, pada hari Sabtu, 8 Mei 2021, dalam pemilu yang berlangsung ketat melawan kandidat Konservatif, Shaun Bailey.

Khan adalah wali kota Muslim pertama di sebuah ibu kota Barat ketika terpilih pada tahun 2016.

Dia memenangkan periode kedua dengan lebih dari 1,2 juta suara, sedangkan Bailey meraih 977.601 suara dalam pemilu Kamis, 6 Mei 2021. Jumlah pemilih yang memberikan suara lebih rendah dibandingkan pada pemilu lalu, pada 42%.

wisata5Inggris: London, Tower Bridge Jerman: München, Marienplatz

Dalam pidato kemenangannya, Khan mengatakan bahwa pada periode keduanya dia akan fokus untuk "membangun jembatan antara berbagai komunitas berbeda" dan antara pemerintah kota dan pemerintah pusat.

Dia mengatakan ingin "menjamin agar London bisa memainkan peranan dalam pemulihan nasional" dan untuk "membangun masa depan yang lebih cerah, lebih hijau dan lebih adil" bagi ibu kota.

Selama kampanye, Khan menjanjikan "pekerjaan, pekerjaan, pekerjaan", bertekad mempertahankan London sebagai kota top dunia, sambil mengatasi krisis dan dampak akibat Brexit, yang bisa mengancam sektor keuangan yang penting di ibu kota (vm/ft)/AFP/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Properti London Jadi Ladang Investasi Warga Asal Hong Kong
Diperkirakan penduduk Hong Kong yang pindah ke Inggris picu pergerakan aliran modal setara Rp 500 triliun di tahun 2021
Museum London Koleksi Benda Bercerita Pandemi Corona
Museum London membuka kesempatan bagi orang yang mau berpartisipasi untuk pameran dengan menyumbangkan benda apapun yang berceritakan soal Corona.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.