Rusia Catat Kematian Harian Tertinggi Akibat Covid-19

13 November 2021 rekor 1.241 orang meninggal akibat virus itu dalam sehari belakangan, dua orang lebih banyak dibandingkan rekor sebelumnya
Para petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) bersiap memindahkan pasien Covid-19 di sebuah ICU di Rumah Sakit Regional 1 di Krasnodar, selatan Rusia, 2 November 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta - Rusia melaporkan rekor kematian harian tertinggi akibat Covid-19, sementara jumlah total infeksi virus corona (Covid-19) di negara itu telah melampaui angka sembilan juta.

Lonjakan kematian dan infeksi harian yang dimulai pada pertengahan September, sempat melandai pekan lalu. Namun, satgas virus corona nasional pada Sabtu, 13 November 2021, mengatakan bahwa rekor 1.241 orang meninggal akibat virus itu dalam sehari belakangan, dua orang lebih banyak dibandingkan rekor sebelumnya yang dicatat pada Rabu, 9 November 2021.

Satgas itu mengatakan terdapat 39.256 infeksi baru, sehingga total kasus di negara itu mencapai 9,03 juta.

Rusia memberlakukan pekan "libur kerja" pada awal November 2021, menutup banyak bisnis. Langkah itu bertujuan untuk meredam lonjakan kasus.

ambulans moskowSeorang pekerja medis keluar dari ambulans di sebuah rumah sakit di Kommunarka, luar Moskow, Rusia, 1 November 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Dua rancangan undang-undang (RUU) yang menguraikan upaya pembatasan baru diajukan di parlemen pada Jumat, 12 November 2021, yang rencananya akan diberlakukan tahun depan.

Peraturan itu akan membatasi akses ke banyak tempat umum, serta kereta api dan penerbangan domestik dan internasional. Hanya orang-orang yang telah divaksin, pernah sembuh dari Covid-19 atau yang dikecualikan dari vaksinasi karena alasan medis saja yang boleh memasuki tempat-tempat itu.

Lonjakan infeksi dan kematian itu terjadi di tengah rendahnya tingkat vaksinasi, ketidakpatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, serta kengganan pemerintah untuk memperketat pembatasan (vm/ft)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Rusia Pecahkan Rekor Kematian Harian Akibat Covid-19

Rusia Pecahkan Rekor Kematian Terkait Covid-19

Di Rusia Kematian Akibat Covid-19 Terus Melonjak

Warga Rusia ke Serbia untuk Dapatkan Vaksin Covid-19 Buatan Barat

Berita terkait
Rusia Pecahkan Rekor Kematian Harian Akibat Covid-19
Gugus tugas untuk penanganan pandemi Covid-19 dari pemerintah Rusia umumkan rekor kematian terkait virus corona
0
Rusia Catat Kematian Harian Tertinggi Akibat Covid-19
13 November 2021 rekor 1.241 orang meninggal akibat virus itu dalam sehari belakangan, dua orang lebih banyak dibandingkan rekor sebelumnya