UNTUK INDONESIA
Rumah Sakit USU Gelar Rapid Test Massal di Ponpes
Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan rapid tes massal secara gratis digelar di Pondok Pesantren.
Santri di Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Al Quran Ma\'had Al Ni\'mah mengikuti rapid tes massal yang digelar RS USU. (Foto: Tagar/Andi Nasution).

Medan - Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan rapid tes massal secara gratis digelar di Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Al Quran Ma'had Al Ni'mah, Desa Sri Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Selasa, 30 Juni 2020.

Direktur Utama Rumah Sakit USU, Dr dr Syah Mirsya Warli, SpU (K) bersama Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr Riyadh Iksan, SpKK, Direktur Umum, SDM dan Keuangan, dr Dewi Indah Sari Siregar, MKed (ClinPath) SpPK, dan Direktur Pendidikan dan Pelatihan, dr Sake Juli Marthina, SpFK turun langsung mengikuti kegiatan sosial tersebut.

Rapid test massal diikuti seratusan santri dan penghuni pondok pesantren dengan melibatkan petugas laboratorium RS USU. Diketahui hasilnya tidak ada yang reaktif.

Karena dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan warga pondok pesantren terkait situasi saat ini

Direktur Utama RS USU, Dr dr Syah Mirsya Warli, SpU (K) menuturkan, apa yang dilakukan RS USU merupakan bagian dari pengabdian terhadap masyarakat dalam membangun silaturrahmi.

Di masa sulit seperti sekarang ini, kata Syah Mirsya Warli, jangan melupakan saudara, tetangga, dan teman. "Sambung silaturrahmi tanpa saling membahayakan," katanya.

Menurutnya, masih banyak orang yang belum tahu Covid-19 dapat dicegah dengan jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun. "Ayo, sampaikan ini ke orang lain," ujarnya.

Boleh beraktivitas di luar rumah, tambahnya, bukan berarti wabah telah berakhir. "Lakukan aktivitas di luar rumah yang aman dengan selalu jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan pakai sabun," jelasnya.

Ustaz Alinur selaku Penasehat Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Al Quran Ma'had Al Ni'mah, mengatakan kegiatan yang dilakukan RS USU itu dapat membuka wawasan warga pondok pesantren terkait situasi saat ini.

"Terima kasih atas kepedulian RS USU dengan kegiatan bakti sosialnya. Karena dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan warga pondok pesantren terkait situasi saat ini, dan cara mencegah serta memutus penularannya," ucapnya. []

Berita terkait
Gubsu Edy Pernah Rebutan Minum Susu dengan Pangdam
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengucapkan selamat datang kepada Pangdam I Bukit Barisan yang baru Mayor Jenderal TNI Irwansyah.
Akurasi Tes Swab di RS USU Medan Dipertanyakan
Anggota DPRD mempertanyakan akurasi hasil tes di laboratorium Polymerase Chain Reaction Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara.
Puskesmas di Banda Aceh Tak Ada Alat Rapid Test
Sejumlah Puskesmas di Banda Aceh tidak memiliki alat rapid test.
0
Rumah Sakit USU Gelar Rapid Test Massal di Ponpes
Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan rapid tes massal secara gratis digelar di Pondok Pesantren.