UNTUK INDONESIA
RSPAD Gatot Subroto Screening 160 Suspect Corona
Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta menerima 160 pasien suspect virus corona atau Covid-19.
Peng Yinhua, menunda pernikahannya untuk merawat pasien corona. (Foto: nypost.com)

Jakarta - Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta menerima 160 pasien suspect virus corona atau Covid-19, menyusul positifnya dua warga Indonesia (WNI) yang bermukim di Depok, Jawa Barat.

"Pasiennya yang lagi screening corona banyak, kalau (sampai) malam ini kurang lebih ada 160 orang. Sedang diperiksa, lagi nunggu hasilnya," ujar bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSPAD Gatot Subroto Pujiah kepada Tagar, Rabu, 4 Maret 2020.

Baca juga: Enam RS di Sulsel Jadi Rujukan Pasien Corona

Puji, sapaannya, menjelaskan seluruh pasien suspect corona yang ada di RSPAD Gatot Subroto tercatat masuk sedari dua hari yang lalu, atau pasca-pengumuman resmi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dua orang WNI yang positif terjangkit coronavirus.

"Kalau hasilnya sih saya kurang tahu. Sudah dari 2 hari yang lalu. Sekarang (masih) tahap pemeriksaan, screening. Seharusnya hari ini keluar, tapi saya kurang tahu juga," ucap dia.

Pasiennya yang lagi screening corona banyak, kalau (sampai) malam ini kurang lebih ada 160 orang. Sedang diperiksa, lagi nunggu hasilnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memaatikan keseriusan pemerintah dalam menangani pasien terinfeksi virus corona jenis baru atau Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan bagi pasien yang terkena virus corona.

Baca juga: Call Center Posko Corona DKI Terima 2.000 Penelepon

Jokowi menjelaskan 100 rumah sakit itu memiliki ruang perawatan yang sesuai standar internasional untuk mengisolasi pasien virus corona. Satu dari 100 rumah sakit itu adalah RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

"Saya perlu sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar telah memersiapkan 100 rumah sakit bagi pasien terjangkit virus corona. Rumah sakit itu punya standar isolasi yang baik untuk pasien virus corona," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. []

Berita terkait
Selain Cegah Corona, Ini Manfaat Jahe Merah
Jahe merah dipercaya mampu mencegah virus Corona. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan.
Begini Cara Blue Bird Tangkal Virus Corona
Blue Bird melakukan langkah antisipasi guna mencegah penyebaran virus corona jenis COVID-19 dalam berkegiatan bisnis.
Jamu Tradisional Kulon Progo Laris Berkat Isu Corona
Jamu tradisional di Kulon Progo, Yogyakarta laris akhir-akhir ini berkat isu Corona.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.