Rizieq Bikin Ulah, Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot

Diduga akibat Habib Rizieq Shihab sedot massa di Jakarta dan Bogor, Kapolri Idham Azis copot Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana dan Kapolda Jabar.
Ilustrasi - Diduga akibat Habib Rizieq Shihab sedot massa di Jakarta dan Bogor, Kapolri Idham Azis copot Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana dan Kapolda Jabar. (foto: DERY HARJAN/RADAR LOMBOK).

Jakarta - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengungkapkan, Kapolri Jenderal Idham Azis bertindak tegas dengan mencopot jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Rudy Sufahradi Novianto.

Pencopotan itu tertuang dalam surat telegram Kapolri tertanggal 16 November 2020 dan erat kaitannya dengan munculnya kerumunan massa di sejumlah acara di Jakarta dan Bogor yang dihadiri pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Kata Argo, Irjen Nana Sudjana dan Irjen Sufahradi Novianto dicopot lantaran tidak mengindahkan perintah terkait protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Rizieq Shihab Didenda Rp 50 Juta, Anies Baswedan Cuma Pencitraan

Argo Yuwonoi Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyatakan Polri masih menunggu pengajuan izin dari PSSI terkait pelaksanaan Liga pada Februari 2021. (Foto: Tagar/Dok Humas Polda DIY)

"Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan, yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapoda Jawa Barat" kata Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 16 November 2020.

Dia berujar, Irjen Pol Nana Sudjana untuk saat ini dipindahkan ke posisi asisten ahli Kapolri. Untuk pos Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh eks Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran.

Baca juga: Mahfud Md Sebut Acara Rizieq Shihab Wewenang Anies Baswedan

Sementara Irjen Pol Rudy Sufahriadi dipindahkan ke Widyaswara Lemdiklat Polri. Posisinya sebagai Kapolda Jabar akan diisi oleh eks Aslog Polri, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Namun demikian, Argo enggan menjelaskan secara terperinci alasan pencopotan kedua jenderal polisi berbintang dua itu. Namun, seperti diketahui, terjadi sejumlah kerumunan massa di daerah Jakarta dan Jawa Barat yang melibatkan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab. []

Berita terkait
Aksi Saling Sindir Nikita Mirzani Vs Rizieq Shihab
Perseteruan antara Nikita Mirzani dengan Rizieq Shihab tampaknya makin memanas dengan aksi saling sindir.
Ferdinand Hutahaean Singgung Swab Test untuk Rizieq Shihab
Eks politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyinggung swab test Covid-19 untuk Habib Rizieq Shihab harus dilakukan juga di sini.
Doni Monardo Disebut Takut kepada Rizieq Shihab
Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Kepala BNPB Doni Monardo takut kepada Habib Rizieq Shihab.
0
Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila
Mensos minta semua teman-teman di lingkungan Kemensos menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka bisa merugikan negara.