Ridwan Kamil Doakan AHY Saat Demokrat Hendak Dikudeta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku selalu mendoakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) apalagi saat Partai Demokrat hendak dikudeta.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Bandung. (Foto: Tagar/Dok Partai Demokrat)

Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil mengatakan selalu mendoakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), apalagi saat Partai Demokrat hendak dikudeta.

Hal ini disampaikan Emil saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat AHY di daerah Ciumbuleuit, Kota Bandung, Jumat, 4 Juni 2021.

Pada awalnya, Emil dan AHY bertemu di rumah dinas Gubernur Jabar, Gedung Pakuan. Dari sana Emil dan AHY berboncengan menggunakan motor menuju ke salah satu tempat makan dan makan bersama di Ciumbuleuit.

Emil mengaku selalu mendoakan AHY, termasuk saat Demokrat hendak dikudeta oleh sejumlah kader senior dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko beberapa waktu lalu.

"Saya selalu mendoakan AHY, termasuk ketika ramai-ramai kemarin kepala daerah mendoakan dan jangan mengganggu AHY, salah satunya Jabar," kata Emil.


Jadi saya mendoakan di masa depan pemimpin Indonesia datang dari generasi baru siapapun itu.


Sebelumnya, AHY sempat diguncang kudeta lewat Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. Namun, kepengurusan kubu yang dipimpin Moeldoko itu kandas di Kemenkumham. AHY pun tetap sah sebagai Ketum Demokrat.

Emil mengatakan dirinya mengaku memiliki solidaritas generasi dengan AHY. Ia pun berharap pemimpin Indonesia ke depan bisa berasal dari kalangan anak muda.

"Jadi saya mendoakan di masa depan pemimpin Indonesia datang dari generasi baru siapapun itu, yang Allah takdirkan bisa menjadi jawaban untuk kepemimpinan maka ada kaos 'Muda adalah Kekuatan'," ujarnya.

Lebih lanjut, Emil mengatakan dirinya berkendara menggunakan motor untuk mengajak AHY bernostalgia di Kota Bandung. Menurutnya, AHY sempat dua tahun bersekolah di Kota Kembang pada jenjang SMP.

"Di Bandung sekolah. Di sini jatuh cinta juga dengan Bandung. Jadi nostalgia tadi naik motor ke sini untuk mengenang sesuatu yang indah tentunya," ucapnya.

Di sisi lain, AHY mengatakan Emil memiliki tanggung jawab besar memimpin daerah dengan wilayah paling luas di Indonesia. Ia pun mengaku ingin bersilaturahmi dan berkolaborasi dengan Emil.

"Saya beserta partai ingin terus bersilaturahmi dan kolaborasi. Selebihnya mempersiapkan diri menyongsong masa depan," ujar AHY.

"Kami juga berterima kasih kemarin saat Demokrat ada ujian dan ancaman ini bukan hanya ancaman kepada Demokrat tapi juga demokrasi. Mudah-mudahan semangat kita, sama muda adalah kekuatan kita songsong masa depan bersama-sama," kata AHY.

Belakangan ini, AHY dan Emil kerap masuk dalam jajaran bakal kandidat presiden 2024. Nama mereka biasanya berjajar dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pemilu 2024 diputuskan akan digelar pada bulan Februari. AHY saat ini adalah Ketua Umum Partai Demokrat. Jika ingin maju, ia harus mendapat dukungan dari partai lain untuk bisa memenuhi ambang batas pencalonan.

Sementara Ridwan Kamil bukan kader partai. Sebelum menjadi gubernur Jawa Barat, Ridwan menjabat Wali Kota Bandung. Saat maju sebagai Guberur Jawa Barat, ia diusung NasDem, PKB, PPP, dan Hanura. []

Berita terkait
Gubernur Ridwan Kamil Ajak Warga Jabar Lapor SPT Tahunan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengajak seluruh warga Jabar wajib pajak melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan sebelum 31 Maret 2021.
Ridwan Kamil Dorong Pemerintah Pusat Susun Perpres Rebana
Lewat Rebana Metropolitan, pada 2030 Pemdaprov Jabar berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 10 persen.
Ridwan Kamil Memperkenalkan Konsep Apartemen Ayam 4.0
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memperkenalkan konsep apartemen ayam 4.0, yakni peternakan bertingkat dengan memanfaatkan teknologi.
0
Ridwan Kamil Doakan AHY Saat Demokrat Hendak Dikudeta
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku selalu mendoakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) apalagi saat Partai Demokrat hendak dikudeta.