UNTUK INDONESIA
Ribut di Timnas Inggris, Raheem Sterling Dicoret
Striker Raheem Sterling tidak dimainkan saat Inggris hadapi Montenegro di kualifikasi EURO 2020 karena ribut dengan dengan rekan tim, Joe Gomez.
Striker Inggris Raheem Sterling (kiri) tidak dimainkan saat menghadapi Montenegro di kualifikasi EURO 2020 di Stadion Wembley, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Sterling dihukum karena ribut dengan rekan di timnas, Joe Gomez (kanan). (Foto: thesun.co.uk)

Jakarta - Apes bagi striker Raheem Sterling. Dirinya dicoret dan tidak dimainkan saat Inggris menghadapi Montenegro di kualifikasi EURO 2020. Gara-garanya, Sterling mengajak ribut rekan di timnas, Joe Gomez. Persaingan di kompetisi tampaknya berimbas ke tim nasional Inggris. 

Sterling tiba-tiba mencekik leher Gomez yang hendak menyalaminya di kantin pemain di tempat latihan timnas di St George's Park. Semula para pemain lain mengira striker Manchester City itu hanya bercanda. 

Saat itu, Gomez yang baru nongol di ruang kantin juga menyalami pemain lain. Namun ternyata Sterling yang sedang duduk terlihat emosi saat Gomez mengulurkan tangan. Dia menepisnya dan kemudian berdiri hendak mencekik bek Liverpool itu. Akibatnya para pemain lain sibuk melerai mereka. 

Salah satu tantangan besar kami adalah bagaimana memisahkan rivalitas klub dari timnas. Sayangnya, pertandingan emosional di hari sebelumnya masih terbawa ke timnas

Sterling tampaknya masih memendam amarah saat terlibat ketegangan dengan Gomez di big match Liverpool melawan City di Anfield, Minggu 10 November 2019 malam WIB. Pertandingan yang dimenangkan Liverpool 3-1 itu diwarnai kontroversi dari kacamata The Citizens

Pasalnya, mereka mengklaim seharusnya mendapat dua penalti di laga besar itu. Namun wasit menilai pelanggaran pemain Liverpool tak sepatutnya dihukum penalti. 

Kemenangan atas City menjadikan The Reds makin kukuh di puncak klasemen dan melebarkan jarak poin dengan pesaingnya, Leicester City dan Chelsea. Sebaliknya, kekalahan dari Liverpool menjadikan City turun peringkat. Kini, mereka berada di posisi empat. 

Insiden keributan Sterling dan Gomez di laga itu pun dianggap sudah selesai. Pasalnya kedua pemain sempat berangkulan usai pertandingan. 

Namun situasi di kantin tempat pemusatan latihan timnas menunjukkan bila Sterling masih terbawa emosi. Dia terlihat agresif menyerang rekan satu tim. 

Meminta Maaf

Mantan pemain Liverpool ini kemudian memang akhirnya meminta maaf kepada Gomez dan semua rekan di tim. Permintaan maaf pun sudah diterima Gomez dan skuat. Hanya, dirinya tetap diberi sanksi. 

Sterling dipastikan tidak dimainkan saat Inggris menghadapi Montenegro di pertandingan Grup A kualifikasi EURO 2020 di Stadion Wembley, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Dirinya baru bisa masuk tim di laga berikutnya melawan Kosovo, Senin 18 November 2019 malam WIB. 

"FA mengonfirmasi Raheem Sterling tidak dipertimbangkan untuk pertandingan kualifikasi EURO 2020 melawan Montenegro. Ini sebagai akibat insiden keributan di area privat tim di St. George's Park." Demikian pernyataan resmi di federasi. 

"Namun dia tetap di skuat." pernyataan berikutnya dari FA. 

Pernyataan FA juga dikuatkan manajer Gareth Southgate yang tak menghendaki perseteruan di klub dibawa ke timnas. Dirinya tidak akan menurunkan Sterling. 

"Kami sudah memutuskan tidak memainkan Raheem di pertandingan melawan Montenegro," kata Southgate.

"Salah satu tantangan besar kami adalah bagaimana memisahkan rivalitas klub dari timnas. Sayangnya, pertandingan emosional di hari sebelumnya masih terbawa ke timnas," ucapnya. 

Manajer yang membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 ini juga memberi perhatian pada Sterling yang kerap mengganggu fokus tim. Sebelumnya, Sterling dengan jemawa pernah berucap dirinya bakal menjadi kapten Inggris. Pemain berusia 24 ini merasa kemampuannya dalam memimpin tim kian meningkat sehingga pantas menjadi kapten The Three Lions.

Pernyataan Sterling dibantah Southgate. Salah satu pemain yang memiliki daya kreatif ini kemudian melakukan klarifikasi dan meminta maaf kepada Southgate. 

Inggris butuh kemenangan untuk memastikan tiket ke putaran final EURO 2020 saat menghadapi Montenegro. Usai melawan Montenegro, Inggris melakoni laga tandang melawan Kosovo. Saat ini, Inggris bertengger di puncak klasemen Grup A dengan poin 15. Disusul Rep. Ceko yang memiliki poin 12. []

Berita terkait
Kalahkan City, Liverpool Tidak dalam Tekanan
Liverpool mengalahkan rival terberat, Manchester City, sehingga mulai meninggalkan pesaingnya. Namun Liverpool tidak merasa dalam tekanan.
Sterling, Sang Mantan yang Diwaspadai Liverpool
Liverpool mewaspadai sang mantan, Raheem Sterling, yang kini menjadi pilar lini depan Manchester City. Kedua tim berduel di Anfield, malam ini.
Serangan Rasis Bulgaria Dibalas Inggris dengan 6 Gol
Laga antara Bulgaria sebagai tuan rumah dengan Inggris sebagai tamu di Kualifikasi Piala Eropa 2020 diwarnai rasisme terhadap pemain Inggris
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.