UNTUK INDONESIA
Ribuan Makhluk Serupa Penis Terdampar di California
Ribuan makhluk menyerupai alat kelamin pria hanyut dan terdamar di pantai California, Amerika Serikat.
Ribuan makhluk berbentuk menyerupai kelamin pria yang disebut penis fish hanyut dan terdampar di pantai California, Amerika Serikat. (Foto: BBC News)

Jakarta - Ribuan makhluk menyerupai alat kelamin pria hanyut dan terdampar di pantai California, Amerika Serikat. Meskipun disebut penis fish atau ikan penis sebenarnya mereka bukan jenis ikan. Mereka merupakan jenis cacing yang nama latinnya Urechis Caupo. Makhluk ini hidup di bawah pasir, badai yang terjadi baru-baru ini membuat ribuan penis fish itu terdampar di Pantai Drakes, sekitar 50 mil utara San Fransisco.

Ivan Parr, ahli biologi memposting penampakan penis fish pada kolom "Ask the Naturalist" di Bay Nature. Dalam postingannya itu ia menyebutkan,"Ribuan sosis merah j ambu pink berukuran 10 inci bertebaran di atas pasir, dan ini bukan kejadian pertama kali. Penis fish telah menyerbu pantai kita, dan mereka pasti akan datang lagi."

Parr menyebutkan penis fish juga disebut inkeeper worm atau penjaga penginapan karena makhluk ini membuat lubang sebagai tempat persembunyian. "Penampakan fisik penis fish itu bulat dan bersembunyi di bawah pasir atau tanah," katanya seperti diberitakan dari BBC News, Sabtu, 14 Desember 2019.

Penis fichSeseorang tengah memegang seekor makhluk menyerupai penis. Makhluk ini merupakan spesies cacing yang dikenal dengan sebutan penis fish. (Foto: BBC News)

Menurutnya, makhluk ini memiliki usia yang panjang. Ada bukti temuan fosil penish fish berusia 300 tahu. "Beberapa mampu bertahan hidup hingga 25 tahun," ucap Parr. Makhluk yang disebut penis fish ini hanya memiliki empat spesies saja yang tersebar di seluruh laut di dunia.

Penis fish hidup di dalam tanah, pantai atau lumpur. Mereka menggali lubang berbentuk U yang memiliki panjang beberapa meter tetapi selebar tubuh mereka. Berbagai jenis ikan, berang-berang dan hiu menjadi predator penis fish. Bila ada bahaya mengancam, penis fish ini segera bersembunyi di bawah pasir.

Meskipun bentuknya menjijikkan, penis fish ternyata bisa diolah menjadi makanan enak. Salah satu spesies, Urechis Unicinctus banyak di temukan di Asia Timur dan menjadi menu hidangan lezat di Korea Selatan.

Penis Fish yang terdampar di pantai Drakes bukan peristiwa yang pertama kali. Pada Oktober 2016, pengunjung pantai di Teluk Bodega menemukan banyak penis fish yang terdampar. Peristiwa yang sama juga pernah terjadi di Princeton Harbor, Moss Landing, dan Pajaro Dunes.[]

Baca Juga:


Berita terkait
Amerika Serikat Kecam Serangan di London
Pihak Gedung Putih mengatakan mendukung penuh sekutunya Inggris dalam menumpas kejahatan terorisme.
Pemadaman Kebakaran Hutan California Telan Biaya 110,2 Juta Dolar AS
Departemen Perlindungan Kebakaran California dan Kehutanan (Cal Fire) pada Sabtu malam (16/12) mengatakan sebanyak 110,2 juta dolar dolar AS .
Pantai Finlandia Ditutupi Bola Es Berbentuk Telur
Ribuan bola es berbentuk telur telah menutupi pantai di Finlandia. Risto Mattila, fotografer amatir telah mengabadikan fenomena cuaca yang langka.
0
Hidup Pasutri dan 13 Anak di Aceh Huni Gubuk Reyot
Kehidupan Bakhtiar Beni, yang tinggal bersama seorang istri dan 13 anak di gubuk reyot mengungkap potret kemiskinan masyarakat Provinsi Aceh.