UNTUK INDONESIA
Revitalisasi Setu Kabupaten Bogor di Jawa Barat
Wabup Bogor, Iwan Setiawan, dampingi Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, saat kunjungan kerja tinjau setu di Kabupaten Bogor
Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menerima kunjungan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, di Setu Tlajungilir, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jabar, 24 Agustus 2020 (Foto: bogorkab.go.id).

Gunung Putri - Wakil Bupati Bogor, Jawa Barat, Iwan Setiawan, mendampingi Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, saat kunjungan kerja terkait dengan peninjauan setu di wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

Pangdam Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan revitalisasi waduk atau setu ini tujuannya untuk mengembalikan fungsi setu sebagai cadangan air. Disebutkan oleh Pangdam Siliwangi bahwa Kodam III/Siliwangi sudah melakukan kegiatan seperti ini bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sejak tahun lalu khususnya untuk revitalisasi waduk-waduk atau setu.

pangdam di bogor2Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, menyampaikan sambutan di Setu Tlajungilir, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, 24 Agustus 2020 (Foto: bogorkab.go.id).

Tahun lalu Kodam III/Siliwangi mengerjakan lima setu dan tahun ini akan dikerjakan tujuh setu. “Tujuan dari kegiatan ini kami ingin mengembalikan fungsi dari waduk atau setu yang ada di wilayah Jawa Barat khusunya di Kabupaten Bogor ini sebagai cadangan air untuk warga di sekitar setu tersebut,” kata Pangdam III/Siliwangi saat memberikan sambutan di Setu Tlajungilir, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, 24 Agustus 2020.

Pangdam Siliwangi juga menambahkan, semakin dalam setu atau waduk akan semakin banyak juga menampung air. Setu Tlajungilir ini dikerjakan Kodam III/Siliwangi tahun lalu, luasnya sekitar 6,4 hektare dan memiliki kedalamam tiga meter saat awal dibangun. “Tapi, tadi saya dapat info, Setu Tlajungilir sekarang kedalamannya tinggal 2 meter. Berati ini sudah ada pendangkalan, saya harap kita semua tetap harus menjaga Setu Tlajungilir ini, karena kita membutuhkan setu untuk siklus pemanfaatan air dan lain sebagaianya,” kata Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam III/Siliwangi berharap agar Setu Tlajungilir bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar. “Saya sudah perintahkan Dandim agar setu ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, baik itu budidaya ikan atau kegiatan lainnya. Kordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Polres, Kecamatan dan unsur masyarakat untuk bersama-sama mejaga kebersihan setu sehingga kedepannya masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari adanya setu ini,” katanya.

setu bogorSetu Tlajungilir, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jabar, 24 Agustus 2020 (Foto: bogorkab.go.id). (Foto: bogorkab.go.id).

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menyampaikan kasih atas kunjungan Pangdam III/Siliwangi serta perhatiannya terhadap waduk atau setu yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. “Terima kasih atas perhatiaan Pangdam III/Siliwangi yang sudah sangat konsen terhadap waduk atau setu yang ada di Kabupaten Bogor. 

Kabupaten Bogor sendiri kurang lebih mempunyai 95 waduk atau setu yang tersebar di 40 Kecamatan dan kita juga mempunyai 9 DAS (Daerah Aliran Sungai). Semoga Kerjasama dalam membangun atau revitalisasi setu akan terus berjalan dengan baik sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari adanya waduk atau setu diwilayahnya,” ujar Iwan (bogorkab.go.id). []

Berita terkait
Jokowi Senyap Blusukan Tinjau Waduk Pluit, Ngapain?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan meninjau Waduk Pluit, Jakarta Utara. Agenda ini bersifat dadakan
PUPR Selesaikan Penataan Waduk Muara Nusa Dua Bali
Kementerian PUPR sejak 2017 melakukan rehabilitasi dan penataan kawasan Waduk Muara Nusa Dua di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.
0
Kompetisi Amatir Liga 3 DIY Ditiadakan
Kompetisi sepak bola amatir di Yogyakarta untuk tahun 2020 tidak digulirkan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY. Pandemi menjadi pertimbangan.